Tentara Bayangan Putin: ‘Kelompok Wagner’ Inggris bertempur di Ukraina timur

Tentara Bayangan Putin
Inggris Raya: Pertempuran “Grup Wagner” di Ukraina timur

Kelompok tentara bayaran sayap kanan “Grup Wagner” secara resmi tidak ada hubungannya dengan Kremlin. Dinas rahasia internasional melihatnya dengan sangat berbeda. Kementerian Pertahanan Inggris berasumsi bahwa para pejuang dari perusahaan militer swasta akan dikerahkan di Ukraina timur.

Menurut informasi dari dinas rahasia Inggris, tentara bayaran dari Perusahaan keamanan swasta Rusia “Wagner Group” dipindahkan ke Ukraina timur. Lebih dari 1.000 tentara bayaran, termasuk anggota senior organisasi, diyakini telah dikirim dalam misi tempur, menurut pembaruan yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Inggris pada Senin malam, mengutip informasi intelijen.

“Tentara bayangan” Rusia dikaitkan dengan wilayah krisis seperti Suriah, Libya, Republik Afrika Tengah dan, baru-baru ini, Mali. Ada juga bukti bahwa pejuang Wagnerian sudah aktif di Donbass setelah aneksasi Krimea. Kerugian besar di Ukraina dan invasi yang terhenti kemungkinan besar memaksa Rusia untuk memprioritaskan ulang personel Wagner dengan mengorbankan operasi di Afrika dan Suriah, tulis Kementerian Pertahanan Inggris.

Rusia mengumumkan pada hari Jumat niatnya untuk fokus pada “pembebasan Donbass” dalam perang Ukraina. Oleh karena itu, pemerintah kyiv khawatir bahwa situasi di Mariupol dan di timur negara itu akan memburuk. Menurut pejabat Barat, pasukan Rusia akan bertemu “pasukan Ukraina yang paling lengkap dan terlatih di sana”.

Kremlin menyangkal adanya hubungan dengan “kelompok Wagner”. Tentara bayaran perusahaan militer swasta sayap kanan dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang serius, termasuk penyiksaan dan pembunuhan yang ditargetkan. Oleh karena itu, Uni Eropa memberlakukan sanksi terhadap kelompok Wagner Desember lalu.

READ  Banjir di Australia: "Pepohonan penuh dengan ular"
Written By
More from Lukman Haq
Barack Obama tentang Donald Trump: “Dia menciptakan banyak omong kosong”
Biasanya, mantan presiden AS enggan membuat pernyataan tentang pekerjaan dan perilaku presiden...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.