Teknologi home theater – soundbars: soundbar yang kuat untuk televisi

Jika Anda membeli TV dan pada saat yang sama menikmati suara yang bagus, Anda akan sering tidak senang dengan speaker yang terpasang di TV. Tetapi tidak harus sistem surround yang mahal – bilah suara juga sering melakukannya.

TV semakin besar dan besar, tetapi pada saat yang sama semakin tipis dan tipis. Ruang untuk speaker dan ruang suara untuk suara yang bervolume: cukup buruk. Apakah soundbar, yaitu soundbar yang dapat ditempatkan di depan atau di bawah TV, merupakan alternatif? Ternyata ya. Karena beberapa produsen televisi sudah menawarkan bilah suara dengan televisi, Klaus Laumann menjelaskan dari majalah “Video”.

Sébastien Bonset dari majalah digital “t3n” juga mengatakan bahwa siapa pun yang ingin menikmati media di home theater tidak boleh mengandalkan kualitas suara televisi mereka. “Karena sebaik gambarnya, suaranya sangat diinginkan di hampir semua TV.”

Keuntungan besar dibandingkan amplifier dan kotak home theater: Penonton bioskop tidak membutuhkan begitu banyak kabel dan kotak. Sound bar menggabungkan hingga tiga speaker depan, yaitu kiri, tengah, dan kanan, dalam satu wadah. Tidak ada kabel yang diperlukan untuk penutup ini.

Klaus Laumann bahkan melihatnya sebagai alasan utama popularitas soundbar. Meskipun ada box dan subwoofer lain yang terlibat, ini biasanya terhubung satu sama lain melalui radio dan hanya perlu disambungkan ke daya. Sambungan antara bilah suara dan TV dilakukan melalui HDMI.

Lebih murah dari tanaman

Meskipun ada, tentu saja, model yang sangat mahal: pada prinsipnya, soundbar umumnya lebih murah daripada sistem home theater. “Model level pemula bervariasi antara 100 dan 400 euro,” Bonset menentukan. Namun, jangan berharap terlalu banyak dari perangkat ini. Model populer termasuk Speaker TV Bose dan Sonos Beam.

Bonset menyarankan mereka yang menghargai pemrosesan sinyal surround khusus dan suara yang lebih baik, bahkan mungkin dengan subwoofer eksternal, harus menganggarkan sekitar $ 500. Solusi berkualitas sangat tinggi harganya antara 800 dan 1000 euro.

READ  Indonesia sekarang memiliki algojo perempuan

Soundbar tersedia dalam banyak variasi. Menurut Bonset, soundbar konvensional memiliki sistem yang disebut 2.1 dengan speaker kiri dan kanan serta subwoofer untuk bass. Dengan sistem 3.1, speaker tengah juga ditambahkan.

Sistem 3.0 atau 2.0, di sisi lain, tidak memiliki subwoofer. Sistem 2.0 sangat ideal untuk TV linier dan juga dapat memutar musik dengan baik, kata Laumann. “Tapi Anda juga bisa meletakkan dua kotak stereo di samping televisi.”

Diproses secara elektronik

Untuk meningkatkan suara stereo khas pengaturan soundbar, suara TV sering diproses secara elektronik, Bonset menjelaskan. Dengan prosesor sinyal digital (DSP). Ini mengubah suara multisaluran yang diterjemahkan sehingga pendengar tertipu untuk percaya bahwa suara tersebut spasial.

Beberapa pabrikan sudah mencoba menghadirkan lebih banyak suara surround ke soundbar dan menawarkan sistem 4.1, 5.1 atau bahkan 3D. Beberapa dari mereka juga memproyeksikan suara ke langit-langit dan dinding atau dilengkapi dengan kotak tambahan yang terletak di bagian belakang ruangan.

Proyeksi harus memperkuat kesan spasial. “Gelombang suara individu dikirim ke dinding atau langit-langit. Pantulan memberi kesan bahwa suara juga datang dari belakang atau dari atas,” jelas Nico Jurran dari majalah perdagangan “c’t”.

“Untuk ini, Anda perlu memiliki ruangan tertutup yang berukuran cukup,” kata Laumann. Idealnya, soundbar ditempatkan agar jarak antara dinding kiri dan kanan sama. Secara umum, potongan persegi bekerja lebih baik daripada potongan memanjang.

Ruang terbuka itu sulit

Dalam kasus kamar terbuka dengan dapur makan, di sisi lain, sulit untuk bekerja dengan refleksi. “Dengan kotak, di sisi lain, tidak akan menjadi masalah untuk mendapatkan suara 3D yang layak,” kata Jurran. Sebelum membeli, Anda perlu mendengarkan sound bar pilihan Anda. Namun, itu mungkin terlihat sangat berbeda dari apa yang kemudian dia lakukan di rumah.

READ  Samsung Galaxy S21 Ultra Ricks telah ditingkatkan

Juga penting: opsi koneksi apa yang ditawarkan televisi yang ada? Bisakah bilah suara dihubungkan tanpa adaptor? Nico Jurran menyarankan Anda untuk memikirkan perangkat apa yang ingin Anda gunakan selain televisi, seperti pemutar Blu-ray? “Jadi sebaiknya Anda menggunakan bilah suara dengan banyak koneksi.” Ini kemudian juga harus dapat melalui kualitas yang sesuai, yaitu resolusi gambar 4K.

Selain itu, lebar soundbar harus sesuai dengan TV. “Sehingga suara menyebar ke tepi luar gambar,” Jurran menjelaskan. Jika tidak, kombinasi TV besar dan soundbar kecil akan menghasilkan efek yang tidak sedap dipandang.

Written By
More from Munir Rad

Ponsel apa yang tidak dapat menggunakan WhatsApp pada tahun 2021? Lihat sistem operasi Anda di sini!

TRIBUNNEWS.COM – Ponsel berikut tidak akan dapat menggunakan WhatsApp pada tahun 2021....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *