Tanpa ampun: Pembunuh Kennedy harus tetap dalam tahanan AS

Malaikat – Dia sudah di penjara selama lebih dari 50 tahun – dan di sanalah dia harus tinggal.

Pembunuh politikus Amerika Robert F. Kennedy († 42 tahun) tidak dibebaskan bersyarat. Gubernur California Gavin Newsom berbicara pada hari Kamis (waktu setempat) menentang pembebasan Sirhan Sirhan Palestina yang berusia 77 tahun.

Pembunuhan Kennedy adalah salah satu kejahatan paling terkenal dalam sejarah Amerika, tulis Newsom dalam sebuah pernyataan. Pembunuhan Kennedy menyebabkan “penderitaan tak terukur” bagi istri dan sepuluh anaknya yang saat itu hamil, serta “bahaya besar” bagi rakyat Amerika, kata gubernur.

Setelah beberapa dekade di penjara, Sirhan gagal menunjukkan pemahaman yang diperlukan yang akan mencegahnya membuat keputusan berbahaya lainnya.


Dibunuh lima tahun setelah saudaranya John F. Kennedy setelah memenangkan pemilihan pendahuluan untuk nominasi presiden AS: Robert F. Kennedy meninggal karena luka tembak di klinik pada hari berikutnya.Foto: gambar-aliansi/ dpa

Dewan pembebasan bersyarat California memilih untuk membebaskan Sirhan pada bulan Agustus. Sirhan telah berada di penjara selama lebih dari 50 tahun dan baru saja meluncurkan permohonan grasinya yang ke-16. Keputusan komisi itu disampaikan kepada Gubernur California, yang sekarang telah menolaknya.

Tindakan berdarah mengirimkan gelombang kejutan dan horor di seluruh dunia lima tahun setelah saudara Kennedy, Presiden AS John F. Kennedy, ditembak mati di Dallas, Texas.


Seperti inilah penampilan Sirhan Sirhan pada tahun 1969, tak lama setelah dia dihukum ketika dia tiba di penjara San Quentin

Seperti inilah penampilan Sirhan Sirhan pada tahun 1969, tak lama setelah dia dihukum ketika dia tiba di penjara San QuentinFoto: Bettmann/Getty Images

Sirhan, seorang Palestina kelahiran Yerusalem, menyergap Kennedy di dapur Hotel Ambassador di Los Angeles dan menembaknya dengan pistol pada tanggal 5 Juni 1968 – hanya beberapa jam setelah mengikuti pemilihan pendahuluan California untuk negara bagian Serikat Demokrat – calon presiden telah menang.

Pada saat itu, pengadilan AS berasumsi bahwa sikap pro-Israel Kennedy adalah motif penyerang berusia 24 tahun itu.

Sirhan dijatuhi hukuman mati pada tahun 1969. Setelah California menangguhkan hukuman mati pada tahun 1972, hukuman itu diubah menjadi penjara seumur hidup. Sekarang, dia bisa mengajukan permohonan pembebasan bersyarat paling cepat pada Februari 2023.

READ  Armandon memaksa istrinya untuk memotong tubuh pacarnya yang gelap di hutan
Written By
More from Lukman Haq
Gajah membunuh penjaga kebun binatang di kebun binatang – “Binatang tak terduga”
Di Spanyol, seorang juru kunci terluka parah saat membersihkan kandang sapi gajah...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *