Tanggapan terhadap sanksi: Belarus menghentikan impor produk makanan Barat

Status: 12/07/2021 20:32

Daging, sayuran, gula-gula dan garam: Belarus telah memberlakukan larangan impor makanan dari banyak negara Barat. Pemimpin Lukashenko bereaksi terhadap sanksi baru-baru ini terhadap negaranya.

Belarus mengumumkan larangan impor makanan dari sejumlah negara Barat sebagai tanggapan atas sanksi tersebut. Otoritas Belarusia telah merilis daftar panjang makanan, termasuk daging, susu, sayuran, permen, dan garam, yang akan dilarang di Uni Eropa, AS, Kanada, Inggris, dan Norwegia mulai Januari.

Menurut informasi dari Minsk, produk lain bisa ditambahkan. “Langkah-langkah pembalasan telah diambil di tengah upaya berkelanjutan oleh seluruh Barat untuk memberikan tekanan sanksi ilegal di negara kita,” kata pemerintah.

“Importir, produsen, dan rantai ritel akan fokus mengganti barang yang tidak dibuat di Belarus dengan pengiriman dari negara sahabat.” Namun, beberapa produk seperti makanan bayi telah dibebaskan dari larangan demi “kepentingan warga Belarusia”.

Banyak sanksi terhadap Belarus

Sejak pemilihan presiden yang kontroversial di Belarus pada Agustus 2020, negara-negara Barat telah memberlakukan sejumlah sanksi terhadap pejabat, organisasi, dan bisnis pemerintah Belarusia. Pekan lalu, sebagai bagian dari tindakan terkoordinasi oleh Eropa dan Amerika Utara, keputusan sanksi baru diambil karena krisis migrasi di perbatasan Uni Eropa dengan Belarus. Uni Eropa menuduh pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko menargetkan migran dari Timur Tengah ke perbatasan Uni Eropa. Minsk menolak ini.

Sanksi sebelumnya telah dijatuhkan menyusul tuduhan kecurangan pemilu dan tindakan brutal oleh otoritas Belarusia terhadap pengunjuk rasa dan penentang pemerintah.

Lukashenko melakukan hal yang sama seperti sekutunya, Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan melarang impor makanan. Moskow juga melarang impor produk pertanian dari UE pada 2014 sebagai tanggapan atas sanksi Barat dalam krisis Ukraina.

READ  Amerika Serikat telah memperingatkan China untuk tidak menggunakan kekuatan militer terhadap Taiwan

Written By
More from Lukman Haq
Armenia: Perdana Menteri Pashinyan menghadapi kemenangan nyata atas orang-orang kepercayaan Putin
Belum semua surat suara dievaluasi. Namun angka yang tersedia sejauh ini menunjukkan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *