Studi WWF: 43 juta hektar hutan tropis hancur – Sains

Berlin (dpa) – Menurut kalkulasi organisasi lingkungan WWF, 43 juta hektar hutan hujan tropis telah dihancurkan di 24 daerah yang terkena dampak terutama dalam beberapa tahun terakhir. WWF mengumumkan di Berlin bahwa ini didasarkan pada data satelit dari 2004 hingga 2017.

Kehilangan yang paling signifikan terjadi di Amazon di Brazil, Kolombia, Peru, Bolivia, Venezuela dan Guyana dengan 18,3 juta hektar. Sebagai gambaran: Jerman memiliki luas lebih dari 35,7 juta hektar.

WWF menunjukkan bahwa bisnis dan konsumen Jerman juga ikut bertanggung jawab atas deforestasi. “Untuk budidaya kedelai, kakao dan daging sapi yang diimpor ke UE, hutan sering dirusak. Sekitar seperenam dari semua produk makanan yang diperdagangkan di UE berkontribusi terhadap deforestasi di daerah tropis, ”kata komunikasi tersebut. “Daripada hanya menuding pemerintah dan petani di daerah yang sensitif terhadap deforestasi, kita juga perlu menyentuh hidung kita,” kata Susanne Winter, kepala program kehutanan di WWF Jerman, menurut laporan tersebut.

Ia melanjutkan, hutan tropis merupakan penjagaan kesehatan bagi manusia dan alam. Misalnya, mereka menyimpan karbon dan menyediakan habitat penting bagi spesies hewan dan tumbuhan. “Kami sangat perlu menghentikan penggundulan hutan, jika tidak, kehidupan seperti yang kami ketahui akan terhenti,” kata Winter.

Yang disebut sebagai hot spot deforestasi juga mencakup hutan Kalimantan (Indonesia, Malaysia), Paraguay, Argentina, Madagaskar dan Sumatera. Hampir setengah dari hutan yang tersisa di titik panas ini juga sangat terfragmentasi, misalnya oleh jalan atau lahan subur. “Ini membuat hutan lebih rentan terhadap kekeringan dan kebakaran serta mengusir spesies hewan yang hidup di sana.”

© dpa-infocom, dpa: 210113-99-05999 / 2

READ  Seperti yang Anda lihat, ada rekor asteroid yang mendekati Bumi pada hari Jumat tanggal 13
Written By
More from Hulwi Zafar

Foto dari Indonesia telah membuat khawatir para pecinta lingkungan

kembaliFoto tersebut tidak secara tepat menunjukkan “Godzilla vs. Megalon,” tapi mungkin yang...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *