Söder mengusulkan misi UE: Macron menyerukan zona perlindungan PBB di Kabul

Söder mengusulkan misi Eropa
Macron serukan zona perlindungan PBB di Kabul

Militer AS sedang dalam tahap akhir penerbangan evakuasi dari darat. Namun, Prancis dan Inggris Raya ingin membentuk zona perlindungan baru. Menurut Perdana Menteri Bavaria, UE dapat melakukan ini dengan bantuan Bundeswehr.

Prancis dan Inggris ingin bekerja pada hari Senin di PBB untuk menciptakan “zona keamanan” di ibukota Afghanistan Kabul agar dapat melanjutkan operasi kemanusiaan. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkannya dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Minggu “Journal du Dimanche”. Lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB – Prancis, Inggris, Amerika Serikat, Rusia dan China – akan membahas situasi di Afghanistan pada hari Senin.

Menurut Macron, London dan Paris sedang mengerjakan rancangan resolusi untuk menetapkan kawasan lindung “di bawah kendali PBB di Kabul”. Ini dapat menciptakan kerangka kerja PBB untuk keadaan darurat, memperjelas tanggung jawab dan “memungkinkan komunitas internasional untuk terus menekan Taliban,” kata Macron.

Misi evakuasi internasional diluncurkan setelah Taliban berkuasa pada pertengahan Agustus untuk mengevakuasi orang asing dan warga Afghanistan yang rentan akan segera berakhir. Prancis mengakhiri penerbangan evakuasi pada hari Jumat, Inggris pada hari Sabtu. Menurut Amerika Serikat, lebih dari 112.000 orang pergi melalui angkutan udara yang dikoordinasikan oleh Amerika Serikat.

Presiden CSU Markus Söder, sementara itu, menerapkan gagasan kawasan lindung Uni Eropa di bandara Kabul. Dia menyerukan pengerahan Bundeswehr sebagai bagian dari misi UE untuk melindungi bandara Kabul agar dapat melanjutkan penerbangan evakuasi. “Tujuan Afghanistan adalah untuk membangun zona perlindungan Eropa sendiri di bandara Kabul dalam waktu dekat,” kata Söder dari “Bild am Sonntag”. Dia menyerukan negosiasi segera mengenai masalah ini. Eropa akhirnya harus berkoordinasi secara militer dengan cara yang koheren.

Ini membutuhkan Dewan Keamanan Eropa dan unit militer yang kuat untuk melindungi warga Jerman dan Eropa jika terjadi keadaan darurat. “Eropa berdiri di sela-sela peristiwa dunia dan tidak mampu memberikan jaminan perlindungan, bahkan bagi warganya sendiri di Kabul. Tanpa Amerika, kita tidak berdaya. Di Eropa kita berbicara tentang lebih banyak kemerdekaan, tetapi kita bahkan tidak dapat menjamin bandara.” Diperlukan strategi baru untuk operasi militer.

READ  Ribuan warga Afghanistan bisa datang: UE menghindari menerima pengungsi
Written By
More from Lukman Haq
Pantai Teluk AS terancam: Badai “Ida” menghantam Kuba
Sabtu 28 Agustus 2021 Pantai Teluk Amerika terancam Badai “Ida” menyapu Kuba...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *