Skotlandia: Nicola Sturgeon menghadapi komisi penyelidikan atas kasus Alex Salmond

Sesaat sebelum pemilihan kepala daerah di Skotlandia menjadi kepala pemerintahan Nicola Sturgeon semakin banyak di bawah tekanan. Dia diduga mencoba untuk “menipu” Parlemen Skotlandia atas tuduhan pelecehan terhadap mantan rekan partainya Alex Salmond.

Salmond adalah kepala Pemerintah Daerah Skotlandia sebelum Sturgeon. Setelah masa hukumannya berakhir, dia didakwa melakukan pelecehan seksual terhadap beberapa wanita – termasuk percobaan pemerkosaan. Salmond membantah tuduhan tersebut dan juga menolak penyelidikan pemerintah Skotlandia atas kasus tersebut.

Sturgeon menelepon polisi pada awal kasus setelah penyelidikan internal. Pada 2019, Salmond mengundurkan diri dari Partai Nasional Skotlandia (SNP), partai Sturgeon, sebagai protes. Pada Maret 2020, pengadilan membebaskannya dari tuduhan tersebut.

Sekarang, komisi penyelidikan atas kasus tersebut ingin mengklarifikasi tuduhan pelecehan, tepatnya ketika Sturgeon menemukan tuduhan terhadap mantan mentornya itu. Menurut laporan, komite sekarang menemukan dalam laporannya bahwa Sturgeon memberikan informasi yang bertentangan tentang pertemuan dan “menipu” Parlemen.

“Scexit” tidak pasti

Dia sendiri menolak tuduhan yang diajukan ke panitia. Anda selalu berpegang pada bukti dan menyampaikannya dengan jujur, kata juru bicara setelah laporan komite diketahui.

Laporan itu datang pada waktu yang tidak tepat untuk Sturgeon: Pemilihan regional di Skotlandia dijadwalkan pada Mei dan SNP diperkirakan akan menang. Sturgeon mengaitkan pemilu dengan seruan untuk referendum kemerdekaan di Skotlandia. Sturgeon ingin Skotlandia bergabung dengan Uni Eropa setelah referendum baru dan keluar dari Inggris. Jika mayoritas orang Skotlandia mendukung “Scexit”, tapi sekarang tidak pasti.

Ikon: Cermin

READ  Penangkapan jurnalis tersebut telah memicu kontroversi lagi, dengan peringatan pemerintah China bahwa ini adalah "masalah internal".
Written By
More from Lukman Haq

Zoom: rapat dewan online yang kacau balau menarik ribuan penonton

Setelah hype internet tentang rapat dewan kota online yang tidak terkendali, lusinan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *