Sirkuit Jalanan Mandalika: GP Indonesia 2021? / MotoGP

ITDC State menginvestasikan hingga US $ 1 miliar di kompleks Mandalika baru di Pulau Lombok (Indonesia). Sebuah trek balap untuk MotoGP dan SBK akan menjadi bagian dari konsep sombong.

Latar belakang penyelenggaraan MotoGP yang dijadwalkan 2021 di Indonesia dipaparkan pada GP Qatar pada Maret 2019. Per Januari 2019, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan pariwisata terbesar Indonesia (milik Negara) dan Dorna Sports SL telah setuju untuk menyelenggarakan FIM Superbike World Championship dan FIM MotoGP World Championship di Indonesia mulai tahun 2021.

Tetapi karena konstruksi telah tertunda, Sirkuit Jalan Mandalika yang indah hanya ada dalam jadwal sebagai lokasi cadangan untuk tahun 2021. Bos Dorna Carmelo Ezpeleta tidak menyembunyikan fakta bahwa orang Indonesia dapat turun tangan jika salah satu dari empat acara di Asia (Buriram, Motegi, Sepang) atau Phillip Island / Australia harus dibatalkan.

Lintasan GP Pulau Lombik yang baru tidak dimaksudkan sebagai lintasan balap permanen, melainkan sebagai lintasan jalan raya, boleh dibilang hanya tertutup untuk lalu lintas umum untuk dua balapan motor tersebut setiap tahunnya. Tetapi tindakan pencegahan keselamatan, ruang drop dan infrastruktur akan selalu memenuhi standar tertinggi. Homologasi FIM Grade A harus dijamin.

ITDC telah mengembangkan, merancang dan membangun kompleks besar Nusa Dua di Bali. Terdiri dari 19 hotel dengan 5.000 kamar hotel. Pemilihan Miss World berlangsung di sana pada tahun 2016.
Dua tahun lalu, kota resor baru Mandalika di pulau tetangga Lombok ditangani, yang sudah memiliki bandara megah dengan tujuan internasional dan beberapa penerbangan langsung (bahkan ke Australia). Lombok bisa dicapai dengan perahu dari Bali dalam 45 menit. ITDC di Lombok menginvestasikan lebih dari US $ 25 juta di resor liburan baru pada tahun 2019.

READ  Jangan bandingkan tim saya dengan Liverpool Liverpool

Jalur GP baru akan memiliki panjang 4,3 km dan akan mencakup 19 putaran. Agar infrastruktur tidak tetap tidak aktif selama 50 minggu dalam setahun, tribun dipasang ke pusat kongres yang tempatnya disediakan untuk motorsport selama acara MotoGP dan SBK. Sebuah perusahaan Inggris dengan pengalaman 20 tahun akan merencanakan dan merancang tur tersebut.

15.000 kursi dan tempat berdiri untuk 100.000 pengunjung tambahan direncanakan. Sirkuit ini akan mencakup area seluas 1.095 hektar dan sebelas hotel dengan total 1.900 kamar akan dibangun di Mandalika Resort pada tahun 2021. Pemerintah Indonesia mendukung penuh proyek tersebut, tidak kurang dari empat kementerian yang terlibat. Kontrak konstruksi diberikan kepada VINCI, sebuah perusahaan konstruksi dengan lebih dari 194.000 karyawan. Proyek infrastruktur terpenting di Lombok diharapkan akan selesai pada bulan Juni atau Juli 2021. Sebanyak US $ 1 miliar akan diinvestasikan di kota resor Mandalika selama 15 tahun. “Saat Anda datang ke Grand Prix, Anda akan merasa seperti berada di trek balap permanen,” jelas arsitek lintasan MRK Consulting Inggris itu.

“Bertahun-tahun sebelum 2019, saya juga mempelajari proyek-proyek lain di Indonesia, di Sentul dekat Jakarta, lalu di Pelambang. Tapi Lombok akan menjadi tempat yang unik, ”kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Setahun lalu, pembangun sirkuit di Lombok mengalami kemunduran. Penggalian situs tersebut sebagian besar selesai pada November 2019. Tetapi 6.000 meter persegi di tengah situs masih milik petani Gema Luzzuardi, yang melakukan aksi mogok bersama dengan beberapa petani lain di daerah tersebut. Karena dia takut ITDC akan membiarkan buldoser membunyikan tanahnya sebelum pemilik lintasan membayarnya untuk tanahnya.

READ  Bright White terus mencetak gol tanpa kehadiran Messi

Luzzuardi mengklarifikasi dengan tandanya, menurut daftar tanah, dia memiliki 60 Are atau 6.000 meter persegi tanah.

Carlos Ezpeleta, direktur olahraga Dorna, kemudian menangani GP Valencia setahun lalu di Indonesia. Petani tersebut sejak lama membatalkan mogok kerja dan mencapai kesepakatan dengan ITDC.

Di Dorna, kita bisa mendengar bahwa GP Indonesia kemungkinan besar akan berlangsung pada akhir pekan sebelum GP Sepang tahun 2021.

Alasannya: panjang runway Bandara Internasional Lombok hanya 2.075 meter. Hal ini memungkinkan jumbo kargo Boeing 747 mendarat setelah penerbangan jarak jauh dengan sedikit bahan bakar, termasuk dari Jepang atau Australia.

Namun Jumbo tidak dapat lepas landas di landasan pacu sepanjang 2 km dengan bahan bakar yang cukup untuk penerbangan jarak jauh ke Eropa. Namun, untuk perjalanan 3 jam ke Kuala Lumpur, pasokan bahan bakar dan bobot lepas landas yang diizinkan untuk lepas landas sudah cukup.

“Orang Indonesia harus memberi tahu kami sebelum Juni jika mereka dapat menyelenggarakan Grand Prix di musim gugur,” kata Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna.

Juga di ajang Kejuaraan Dunia Superbike, Sirkuit Jalan Raya Mandalika awalnya hanya masuk dalam daftar tunggu sebagai tempat alternatif untuk tahun yang akan datang.

Berikut adalah jadwal sementara GP 2021 jika Argentina dan Texas (11-18 April) dibatalkan:

28 Maret: Doha / Q *
04. April: Doha / *
25 April: Portimão / P ***
02. Tidak Pernah Jerez / E
16 Mei. Le Mans / F.
30. Tidak pernah: Mugello / I
06 Juni: Barcelona / E
20 Juni: Sachsenring / D
27. June Assen / NL
11 Juli: KymiRing / F **
18 Juli: Igora Drive / RUS ***
15 Agustus: Red Bull Ring / A
29 Agustus: Silverstone / GB
12 September: Aragón / E
19 September: Misano / I
03 Oktober: Motegi / J
10 Oktober: Buriram / TH
24 Oktober: Phillip Island / AUS
31 Oktober: Sepang / MAL
14. November: Valence / E

READ  Hasil Timas U16? Tonton YouTube Pssi.org/live atau PSSI TV, live timnas U 16, hasil tes

* Balapan malam
** Kursus ini masih menunggu homologasi
*** belum ada kontrak yang ditandatangani

Tes pramusim yang direncanakan:

Kelas MotoGP
Tes Penggeledahan Sepang: 14-16 Februari
Sepang-Test: 19. bus 21. Februari
Tes Qatar: 10-12 Maret
Kelas Moto2 dan Moto3
Tes Jerez: 16-18 Maret

Written By
More from Naji Farid

Mourinho memberikan jari untuk transfer Tottenham

London – Tottenham Hotspur Aktiflah di bursa transfer musim panas ini. Pengelola...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *