Setelah penangkapan seorang Ukraina: BKA membebaskan ribuan komputer dari Emotet

Setelah penangkapan seorang Ukraina
BKA membebaskan ribuan komputer dari Emotet

Malware Emotet menyebarkan ketakutan dan teror di antara pengguna komputer di seluruh dunia. Saat ini, lembaga penegak hukum Jerman melakukan pemogokan dan membebaskan puluhan ribu komputer di seluruh dunia – dengan dasar hukum yang goyah.

Ketika malware Emotet yang terkenal diserang pada akhir Januari, Kantor Polisi Kriminal Federal memasang pembaruan malware pada puluhan ribu PC Windows di seluruh dunia untuk membersihkannya. Ini muncul dari risalah rapat Komite Dalam Negeri di Bundestag Jerman pada 10 Februari, yang ada di portal netzpolitik.org telah dipublikasikan secara keseluruhan.

Pada pertemuan tersebut, Presiden BKA Holger Münch melaporkan perusakan malware dan kerangka hukum. Ketika digunakan untuk melawan tersangka di Ukraina, pejabat BKA juga terlibat, jelas Münch. Adalah mungkin untuk meletakkan di tangan Anda sebuah “komputer terbuka” dari apa yang disebut otak. Komputer ini digunakan untuk mendistribusikan varian malware yang dimodifikasi melalui jaringan Emotet.

Sebagai hasil dari pembaruan tersebut, komputer yang terinfeksi di seluruh dunia tidak lagi dilaporkan ke server penjahat, tetapi ke server yang dikendalikan oleh polisi. Ini mendokumentasikan sejauh mana jaringan berbahaya dan memberi tahu mereka yang terpengaruh. Menurut Münch, malware yang dimodifikasi atas nama BKA di-uninstal pada 25 April.

Dasar hukum yang sedang dibahas

Perangkat lunak “Emotet” telah digunakan oleh penjahat dalam skala besar untuk serangan dunia maya. Tersembunyi dalam dokumen Word yang tersembunyi, sering kali disamarkan sebagai lampiran email atau tautan yang tampaknya tidak berbahaya, dokumen tersebut masuk ke jaringan komputer dan membuka kemungkinan untuk menyalin atau memblokir data sensitif. Penulis menggunakannya untuk memeras perusahaan dan pihak berwenang. Banyak pengguna komputer pribadi juga jatuh ke dalam perangkap Emotet.

Münch mengatakan dalam pertemuan tersebut bahwa Emotet bukan hanya malware sederhana, tetapi juga memberi penjahat kemampuan untuk memuat ulang malware lain melalui pintu yang terbuka. “Potensi kerusakan lebih besar karena komputer yang terinfeksi ini kemudian dapat terinfeksi lebih lanjut dengan malware lain, sehingga bisa dikatakan.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden BKA mengkampanyekan dasar hukum yang stabil untuk tindakan tersebut. Pembersihan itu dianggap sebagai “penyitaan” secara teknis dan didasarkan pada keputusan pengadilan distrik Giessen atas permintaan kantor kejaksaan umum Frankfurt. Netzpolitik.org menggambarkan pembenaran hukum ini sebagai “dibangun” dan prosedur BKA “secara hukum setidaknya dipertanyakan, jika tidak ilegal”, karena agen pada akhirnya mengakses komputer pribadi tanpa diminta – meskipun dalam kasus ini sangat sedikit yang akan menentangnya.

READ  Hitungan mantra sedang berlangsung: Inggris sedang menunggu Skotlandia
Written By
More from Lukman Haq

Debut TV Joe Biden: menghancurkan kenangan buruk

Di suatu tempat, seekor anjing menggonggong ketika koresponden ARD Jan Philipp Burgard...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *