Setelah pemilihan umum di Republik Ceko: Fiala ditugasi membentuk pemerintahan

Status: 09.11.2021 18:35

Ini adalah langkah yang sebagian besar simbolis: presiden Ceko secara resmi menuduh Fiala yang konservatif untuk membentuk pemerintahan. Dia sudah menandatangani perjanjian koalisi kemarin.

Presiden Ceko Milos Zeman menugaskan Presiden Demokrat Warga Negara Liberal-Konservatif (ODS) Petr Fiala untuk merundingkan pembentukan pemerintahan. Ini diumumkan oleh juru bicara presiden di Praha.

Zeman saat ini berada di rumah sakit. Dia ingin mempertahankan masa jabatannya hingga 2023. Sejauh ini, para senator House of Lords telah mempertimbangkan untuk menerapkan Pasal 66 Konstitusi Ceko untuk mencopot presiden. Rencana untuk ini sekarang telah dibatalkan.

Pengumuman kontrak pemerintah secara luas dilihat sebagai langkah simbolis. Fiala telah menandatangani pada hari Senin perjanjian koalisi untuk pemerintahan bersama di masa depan dengan para pemimpin empat partai lainnya. Menurut rencana, mantan menteri pendidikan berusia 57 tahun dari kota terbesar kedua di Ceko, Brno (Brno) diperkirakan akan mengambil alih sebagai perdana menteri.

Kekuatan terkuat dari party Babis

Sebelumnya telah berspekulasi bahwa Zeman juga dapat memberikan kontrak untuk membentuk pemerintahan kepada mantan incumbent Andrej Babis. Partai ANO populisnya telah muncul sebagai kekuatan tunggal terkuat dalam pemilihan parlemen 8-9 Oktober, tetapi multimiliarder itu tidak memiliki sekutu yang mungkin untuk memerintah.

Koalisi liberal-konservatif di masa depan memegang mayoritas 108 dari 200 kursi di Kamar Deputi Ceko. Ini terdiri dari Demokrat Warga (ODS), Demokrat Kristen (KDU-CSL), TOP09 borjuis serta partai bajak laut dan walikota. Salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi defisit anggaran.

Ilmuwan politik Fiala dipandang sebagai pendukung kuat Uni Eropa – meskipun partai ODS-nya yang konservatif juga memiliki pengkritik Uni Eropa terkemuka di jajarannya.

Written By
More from Lukman Haq
Trump Mengutuk Pembantaian Baghdad
Memuat … Jenewa – Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa Dia mengakui...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *