“Seperti mayat di dalam air”: seorang profesional periklanan mengevaluasi poster pemilihan partai

“Nol jam”
“Seperti mayat di dalam air”: seorang profesional periklanan mengevaluasi poster pemilihan partai

Poster pemilihan untuk kandidat kanselir Olaf Scholz, Armin Laschet dan Annalena Baerbock

© Arne Dedert / DPA

Kampanye pemilu ketat, siapa yang memimpin kampanye yang lebih cerdas? Penyiar terkenal Thomas Strerath, Managing Director MediaMonks dan mantan bos Jung von Matt, membedah pesan para pihak.

Olaf Scholz hitam dan putih dengan latar belakang merah dengan pesan singkat: pensiun aman, upah minimum 12 euro, perumahan terjangkau. Kelebihannya: Scholz mengatasinya. “Secara visual kampanye yang sangat kuat,” jelas Thomas Strerath. Dalam podcast “L’Heure Zéro” penyiar dan direktur pelaksana MediaMonks menganalisis kampanye partai – dan satu hal yang jelas baginya: “SPD sejauh ini memiliki kampanye terbaik”. Istilah-istilah tersebut “disajikan dengan cara yang mudah dipahami”, ini menandakan adanya tuntutan yang kuat akan kepemimpinan dan oleh karena itu SPD mampu mengkomunikasikan pesan yang jelas. “Dan itulah yang diwujudkan Scholz: dia tidak membiarkan dirinya diganggu.”

Fokus dan kejelasan inilah yang tidak dimiliki oleh dua pesaing utamanya, CDU dan Partai Hijau. Streath membuktikan kampanye CDU “kurang fokus, kejengkelan, realisasi”: “Anda berusaha keras untuk mengakomodasi semuanya dan pada akhirnya tidak ada yang berhasil,” kritik mantan direktur agensi von Jung von Matt. “Anda mencoba untuk tidak membuat target,” yang tidak memungkinkan demarkasi negatif dengan pihak lain, kata Strerath, yang merupakan salah satu pemimpin kampanye CDU pada tahun 2017 (“Untuk negara di mana kita hidup dengan baik dan dengan senang hati”). Untuk pertama kalinya, dalam wawancara, dia juga menjelaskan bagaimana kampanye itu muncul – dan dengan slogan apa awalnya kampanye itu dimulai.

READ  Para ahli mengatakan benua baru akan tercipta dalam 200 juta tahun

Hijau Pucat, FDP yang egosentris

Partai Hijau bahkan lebih buruk dalam demarkasi, pikirnya. Partai tidak dapat benar-benar memutuskan antara Annalena Baerbock dan Robert Habeck, dan itu “tidak menimbulkan klaim apa pun atas kepemimpinan”. Desain poster terlihat seperti “mayat air” dan menunjukkan “betapa pucat penampilannya”. Film di mana Partai Hijau mengatur lagu rakyat “Tidak ada negara yang indah” ke musik akan melayani semua stereotip lama tentang Hijau. Putusan Strerath: “Penampilan hijau adalah yang terburuk dari semua penampilan.”

Pengiklan juga lebih kritis terhadap kampanye FDP, yang menetapkan tonggak pada tahun 2017 dan memenangkan penghargaan. Karena dia mencoba mengulang kampanye dari empat tahun lalu. Dia menemukan dia “jatuh cinta dengan dirinya sendiri”, terlalu berpusat pada Christian Lindner, dia menunjukkan “sedikit keragaman” dan “masyarakat”.

Di sisi lain, Strerath menganggap kampanye AfD secara mengejutkan berhasil. “Jerman tapi normal” adalah dari sudut pandang periklanan – jika seseorang mengabaikan pendapat tentang partai ini – mengejutkan dan “sangat baik” karena “berasal sepenuhnya dari kelompok sasaran”.

Untuk mendengarkan episode baru “The Zero Hour”:

  • Mengapa poster masih memainkan peran penting untuk liburan
  • Cara kerja kampanye media sosial dan penargetan mikro
  • Asal usul kampanye 2017 “Untuk negara di mana kita hidup dengan baik dan bahagia”

Anda dapat menemukan semua episode langsung di Audio sekarang, apel Di mana Spotify atau melalui Google.

Ibu Kota

Written By
More from Hulwi Zafar
Perbarui kewajiban untuk smartphone dan co. : Peraturan ini akan berlaku mulai tahun 2022
Union dan SPD mewajibkan produsen produk digital untuk menyediakan pembaruan perangkat lunak...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *