Sebelas penambang terkubur dan tewas akibat longsor di tambang ilegal

Jakarta. Sebelas orang tewas dalam longsor di tambang batubara ilegal di Indonesia. Bencana itu terjadi di distrik Muara Enim di pulau Sumatera, kata kepala polisi setempat Donnie Eka Syaputra pada hari Kamis. Para penambang itu bekerja di kedalaman 20 meter saat mereka terkubur di dalam tanah.

Tiga orang yang menyaksikan bencana itu meminta bantuan. Namun, mereka yang terkubur hanya bisa diselamatkan ketika sudah mati. Tanah yang mungkin tidak stabil memicu tanah longsor setelah hujan lebat. Kecelakaan fatal relatif sering terjadi di tambang ilegal di Indonesia.

Puluhan bencana longsor di Indonesia

Hujan musiman dan permukaan air yang tinggi telah memicu puluhan tanah longsor dalam beberapa hari terakhir dan menyebabkan banjir di sebagian besar wilayah Indonesia. Negara Asia Tenggara terdiri dari 17.000 pulau dengan jutaan orang tinggal di dekat pegunungan atau tanah subur di dekat sungai.

Selama tiga hari ke depan, otoritas cuaca memperkirakan hujan sedang. Di sebagian besar wilayah Indonesia, musim hujan dimulai pada bulan Oktober. Fenomena cuaca La NiƱa di Samudra Pasifik dapat menyebabkan hujan lebat tambahan.

READ  Mengunci untuk minggu depan adalah salah satu sensasi berat IHSG
Written By
More from Hulwi Zafar

Presiden Xi Jinping akan menghentikan IPO Jack Ma Ant Group

Jakarta – Keputusan Presiden China Xi Jinping Ant Group untuk menangguhkan penawaran...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *