Rusia mungkin diam-diam mendanai politisi asing

Kremlin dikatakan diam-diam mendukung politisi di lebih dari dua lusin negara. Namun, angka-angka itu mungkin tidak lengkap.

Menurut intelijen AS, Rusia diam-diam mendukung partai politik dan kandidat di luar negeri dengan ratusan juta euro. Menurut laporan intelijen yang dirilis pada hari Selasa, setidaknya $300 juta telah ditransfer dari Moskow ke lebih dari dua lusin negara sejak 2014 untuk mempengaruhi kebijakan nasional di sana. Jumlah yang disebutkan mungkin hanya “puncak gunung es”, kata seorang pejabat senior pemerintah AS kepada kantor berita AFP.

Rusia mungkin “secara diam-diam mentransfer lebih banyak uang yang belum ditemukan,” kata pejabat pemerintah itu. Laporan itu tidak memuat informasi apa pun tentang negara-negara tujuan sumbangan dari Rusia. Antara lain, duta besar Rusia dikatakan telah menyediakan beberapa juta dolar untuk seorang calon presiden di negara Asia yang tidak disebutkan. Bosnia dan Herzegovina dan Ekuador telah disebutkan dalam laporan intelijen AS sebelumnya tentang pengaruh Rusia.

Dana Trump?

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah meminta laporan tentang pengaruh Rusia terhadap kebijakan negara lain setelah Rusia mulai menginvasi Ukraina pada 24 Februari. Seorang pejabat pemerintah AS mengatakan itu adalah bagian dari “pertemuan puncak demokrasi” Biden, yang ia luncurkan tak lama setelah kemenangan pemilihannya atas pendahulunya Donald Trump.

Laporan tersebut tidak membahas situasi di Amerika Serikat. Namun, intelijen AS sebelumnya menuduh Moskow melakukan intervensi dalam pemilihan presiden AS 2016 yang mendukung pemenang akhirnya Donald Trump.

READ  Kantor Taiwan dibuka di Lithuania: China marah dengan "tindakan yang sangat memalukan"
Written By
More from Lukman Haq
Mantan pramugari adalah remaja yang dipenjara hanya seminggu di sekolah
Sydney, Kompas dot com – Mantan pramugari Berhubungan seks Dengan seorang anak...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.