Rusia blokir bantuan PBB lebih lanjut ke Suriah

Suriah bergantung pada bantuan PBB. Tapi sekarang mereka mungkin hilang. Rusia memilih menentang perpanjangan dukungan.

Dengan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB, Rusia memblokir resolusi untuk memperpanjang pengiriman bantuan internasional ke Suriah selama satu tahun. Pada hari Jumat, 13 dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB memberikan suara mendukung proposal yang sesuai dari Norwegia dan Irlandia, Rusia memberikan suara menentang dan China abstain.

Yang dipertaruhkan adalah penutupan penyeberangan perbatasan terakhir ke Suriah, di mana bantuan kemanusiaan PBB mencapai negara dalam krisis, pos perbatasan Turki-Suriah di Bab al-Hawa. Tahun lalu, hampir 10.000 truk yang membawa bantuan kemanusiaan untuk lebih dari 2,4 juta orang menuju wilayah Idlib, benteng pemberontak terakhir di Suriah.

AS mengkritik proposal Rusia

Moskow mengecam pengiriman bantuan, yang berlangsung tanpa lampu hijau dari pemerintah pemimpin Bashar al-Assad di Damaskus, sebagai pelanggaran kedaulatan Suriah. Namun demikian, Rusia telah menyajikan teks alternatif untuk resolusi yang memberikan perpanjangan enam bulan awal bantuan melalui Bab al-Hawa. Masa jabatan saat ini berakhir pada hari Minggu.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield menyatakan penyesalannya atas sikap Rusia. Enam bulan tidak cukup untuk memastikan bantuan serius kepada penduduk, “jadwal yang jelas” diperlukan. Teks yang ditolak juga sudah menjadi “kompromi”. Itu telah memberikan perpanjangan enam bulan, kemudian perpanjangan enam bulan lebih lanjut “kecuali Dewan memutuskan sebaliknya”.

Written By
More from Lukman Haq
Italia: Pemakaman Camogli terjun ke laut – panorama
Tiba-tiba, burung camar yang berada di atap sayap barat lepas landas di...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.