Ribuan orang mengungsi dari letusan gunung berapi di Indonesia

Lebih dari 4.400 penduduk daerah terpencil telah diamankan. Pihak berwenang mengeluarkan peringatan pencurian dan menutup sementara bandara Wunopitu setempat. Zona eksklusi selebar empat kilometer telah ditetapkan di sekitar gunung berapi. Letusan besar terakhir Ili Lewotolok terjadi pada tahun 2017. Indonesia memiliki aktivitas vulkanik tertinggi di dunia dengan sekitar 130 gunung berapi. Negara kepulauan Asia terletak di apa yang disebut Cincin Api Pasifik. Lempeng tektonik bertabrakan di sana, sehingga gempa bumi dan letusan gunung berapi sering terjadi.

Di Selandia Baru, setahun setelah letusan gunung berapi dahsyat yang menewaskan 22 orang, pengaduan terhadap sepuluh operator tur dan tiga orang telah diajukan. Selama penyelidikan, otoritas kesehatan dan keselamatan lokal WorkSafe New Zealand menemukan bahwa operator tur di White Island telah gagal memenuhi kewajiban keselamatan hukum, katanya dalam sebuah pernyataan.

Gunung berapi Whakaari meletus pada 9 Desember ketika 47 turis tinggal di pulau kecil itu sekitar 50 kilometer dari Pulau Utara Selandia Baru. Di antara mereka ada empat orang Jerman serta pengunjung dari China, Amerika Serikat, dan Inggris Raya. Asap dan abu terlempar setinggi 3.500 meter. Gunung berapi itu semakin aktif selama beberapa waktu, tetapi perahu dengan turis terus pergi ke sana. Masuk ke pulau hanya diizinkan dengan pemandu yang memenuhi syarat.

Apa

READ  Setelah video dengan masker bedah yang dicat: seorang influencer diusir dari Bali
Written By
More from Hulwi Zafar

Asing telah membukukan penjualan bersih Jumbo, inilah 10 besar saham asing yang akan dijual minggu ini

Contoh. Show Jakarta Mix IHSG di Jakarta, Jumat (6/11/2020). Asing telah membukukan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *