Review Buku: Pengantar Event Streaming dengan Apache Kafka

Anatoly Zelenin, Alexander Kropp
Apache Kafka – Dari dasar hingga penggunaan produktif
Hanser, November 2021
192 halaman, € 44,99 (sampul keras termasuk e-book)
ISBN: 978-3-446-46187-1

“Inilah saya, orang bodoh yang malang, dan saya secerdas sebelumnya” – Seruan frustrasi Dokter Faustus tentang ketidakmampuan pendidikan universitas selalu benar terutama di Apache Kafka. Subsistem peristiwa terdistribusi yang awalnya dikembangkan oleh Linkedin dirancang untuk menyimpan dan memproses aliran data untuk aplikasi data besar. Dengan sendirinya, bagaimanapun, itu tidak terlalu berguna, tetapi hanya mengungkapkan kegunaannya yang sebenarnya ketika digabungkan dan diintegrasikan dengan sistem lain.

Anatoly Zelenin dan Alexander Kropp dianggap ahli untuk Apache Kafka dan bahkan menikmati status konsultan terkenal. Dengan buku mereka “Kafka – From Basics to Productive Use”, Hanser-Verlag menyajikan sebuah buku kecil setebal 192 halaman yang berusaha mendemonstrasikan dasar-dasar dan aplikasinya.

Untuk menjaga akses ke Kafka tetap rendah, keduanya dimulai dengan bab sepuluh halaman yang berhubungan dengan simulasi peluncuran roket dan menjelaskan pemrosesan data telemetri yang dihasilkan melalui sistem berbasis Kafka. Penulis diam-diam menganggap instalasi Kafka yang fungsional. Namun, dalam bab kelima, pembaca yang tertarik akan menemukan instruksi terperinci tentang cara mengirimkan Kafka menggunakan administrasi ZooKeeper dan dengan demikian membangun kluster pengawasan rudal.

Agak disayangkan bahwa buku itu selesai sebelum rilis Kafka 3.0 pada akhir September 2021. Agar tetap dapat menggambarkan instalasi subsistem acara tanpa ZooKeeper, yang sejak itu menjadi usang, dua penulis berjanji untuk memberikan kepada semua pembeli pekerjaan pembaruan gratis dari bab yang sesuai di situs web mereka, di mana penyebaran Kafka tanpa ZooKeeper dijelaskan.

Kropp dan Zelenin juga menggunakan contoh yang diilhami bela diri dengan roket di Bab 2 untuk mempertimbangkan acara dan muatan Berita Kafka untuk mendemonstrasikan konsep yang berbeda pada proyek tertentu – ini membantu siapa saja yang sudah terbiasa dengan protokol pengiriman pesan seperti MQTT.

READ  Galaxy A Folding pada Samsung's Luxury Streams untuk merilis Aston Martin edisi terbatas, Peak

Apache Kafka juga sering digunakan untuk mengelola informasi logging di area aplikasi kritis kinerja. Selain pertimbangan pada cluster Kafka terdistribusi, penulis juga mengabdikan diri dalam konteks ini untuk metode untuk meningkatkan kinerja dan mengelola keandalan sistem secara keseluruhan.

Resensi buku: Apache Kafka

(Gambar: Hanser)

Seperti di banyak bidang TI, hal yang sama berlaku untuk Apache Kafka: tidak ada yang secara otomatis bekerja secara optimal. Namun, selebaran dalam buku membantu untuk menguasai tugas-tugas yang ditentukan dan untuk mempertimbangkan antara pendekatan yang berbeda.

Dalam bab “Kafka Deep Dive”, penulis mengizinkan analisis yang lebih mendalam untuk mengikuti pertimbangan yang telah terjadi di tingkat teknis yang lebih tinggi sejauh ini. Kropp dan Zelenin menyajikan – dengan sedikit melihat ke belakang – protokol jaringan yang digunakan di Kafka dan menjelaskan, misalnya, peran (penting, tetapi terkadang bermasalah) dari paket ACK, yang digunakan dalam proses komunikasi di kluster Kafka Konfirmasi penerimaan atau pemrosesan data atau perintah.

Bagian alat pemrograman berikut ini berisi skrip shell serta kutipan yang menunjukkan penggunaan Apache Kafka Python.

Protokol MQTT yang telah disebutkan menandai awal dari bab keempat buku ini, di mana penulis memberikan gambaran tentang bagaimana Kafka dapat diintegrasikan secara bermakna ke dalam TI perusahaan untuk juga memberikan kontribusi yang berharga bagi bisnis.

Selain detail – dan, menurut pendapat Pemeriksa, perbandingan yang adil – antara Kafka dan layanan kurir “bersaing”, Kropp dan Zelenin juga mengabdikan diri pada layanan lain seperti Kafka Streams, yang dapat digabungkan secara bijaksana dengan layanan utama sistem yang digunakan dalam bisnis. Keamanan juga tidak diabaikan, dan pertimbangan pada arsitektur benchmark di Kubernetes, pada perangkat keras Anda sendiri, dan di mesin virtual menyelesaikan bab ini.

Apache Kafka adalah salah satu sistem yang lebih menuntut di mana Anda perlu memiliki waktu dan kemauan untuk menangani konsep yang perlu Anda pahami. Mereka yang siap untuk keduanya akan menemukan panduan bermanfaat melalui hutan Subsistem Acara di pengantar Anatoly Zelenin dan Alexander Kropp. Apakah tujuan yang dicapai pada akhirnya juga akan memuaskan adalah pertanyaan lain – karena Apache Kafka adalah dan akan tetap menjadi sistem yang tidak dapat digunakan di mana-mana dengan profitabilitas yang sama.

Annette bosbach
menangani sistem warisan Tamoggemon Holding ks dan juga peduli dengan pengaruh yang dimiliki teknologi dan manusia terhadap satu sama lain selama bertahun-tahun.


(kartu)

Ke halaman rumah

Written By
More from Munir Rad
Harga dan spesifikasi Oppo Reno 4 Pro RAM 8GB dan RAM 4GB
BUKU HARIAN – Oppo Indonesia meluncurkan Reno 4 Pro melalui acara virtual...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *