Putusan Mahkamah Agung: Trump kalah dalam perselisihan atas dokumen pajak

Status: 23/11/2022 00:53

Mantan Presiden Trump menderita kekalahan dalam perselisihan atas pengembalian pajaknya di Mahkamah Agung Amerika Serikat: pengadilan membuka jalan bagi dokumennya untuk diserahkan ke komite Dewan Perwakilan Rakyat.

Mahkamah Agung AS membuka jalan bagi catatan pajak mantan Presiden Donald Trump untuk diserahkan ke komite kongres. Mahkamah Agung menolak permintaan pengacara Trump untuk memblokir pengiriman dokumen pajak ke Komite Keuangan DPR yang dikendalikan Demokrat. Mahkamah Agung tidak memberikan alasan untuk keputusan ini.

Pertempuran hukum selama setahun

Komite Keuangan DPR telah berusaha mendapatkan dokumen-dokumen itu selama bertahun-tahun. Selama pemerintahan Trump, Departemen Keuangan menolak untuk merilis dokumen dan menuduh panitia melakukan manuver partisan. Mantan pengusaha Trump adalah presiden pertama dalam empat dekade yang tidak mempublikasikan pengembalian pajaknya, seperti kebiasaan di Amerika Serikat. Jadi para kritikus curiga dia menyembunyikan sesuatu.

Baru setelah administrasi penerus Trump, Joe Biden, tahun lalu, departemen tersebut akhirnya meminta IRS untuk menyerahkan dokumen tersebut kepada komite. Trump melawan di pengadilan dan akhirnya meminta pengadilan banding Washington untuk menangkapnya. Pengadilan menolak permintaan itu dalam putaran pertama di bulan Agustus. Trump kemudian meminta pertimbangan ulang, yang juga ditolak pada bulan Oktober. Itu meninggalkan dia dengan ini Pergi ke Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Mahkamah Agung juga pada awalnya menghentikan perilisan dokumen pada awal November sebagai tanggapan atas permintaan mendesak dari pengacara Trump dan memberi kesempatan kepada kedua belah pihak untuk berkomentar. Namun, pada akhirnya, Mahkamah Agung membuka jalan bagi dokumen-dokumen itu untuk dirilis.

Sukses menit terakhir

Ini adalah keberhasilan menit-menit terakhir bagi komite: karena Partai Republik memenangkan mayoritas dalam pemilihan paruh waktu AS dan akan bertanggung jawab di sana mulai awal Januari, badan yang dipimpin Demokrat hanya memiliki sedikit waktu untuk melakukan apa pun.

READ  Italia: Hewan misterius ditemukan di luar pulau - hampir tidak ada yang tahu makhluk laut ini

Trump saat ini terlibat dalam berbagai sengketa hukum, termasuk karena dia membawa dokumen rahasia pemerintah ke domain pribadinya setelah meninggalkan Gedung Putih. Keputusan Mahkamah Agung datang hanya seminggu setelah Trump mengumumkan dia akan mencalonkan diri lagi sebagai calon presiden dari Partai Republik pada pemilu 2024.

Written By
More from Lukman Haq
Konflik Ukraina: AS memperingatkan Rusia tentang “kesalahan besar” – kebijakan luar negeri
Amerika Serikat meminta klarifikasi tentang pergerakan pasukan Rusia di wilayah perbatasan dengan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.