Putusan di Belarus: sebelas tahun penjara untuk lawan Lukashenko Maria Kolesnikowa

Sebelas tahun penjara bagi mereka Belarusia Politisi oposisi Maria Kolesnikowa (39)! Sebelas tahun penjara untuk membungkam sosok simbolis.

Pengacara oposisi Maxim Snak (40), juga dituduh, dijatuhi hukuman sepuluh tahun penjara – dalam kondisi yang diperparah. Pengacara kedua tapol tersebut ingin menggugat keputusan tersebut di Mahkamah Agung Belarusia.


Wanita pemberani: Maria Kolesnikowa (kanan) Bersama Veronika Tsepkalo (kiri), istri calon Tsepkalo yang tidak terdaftar, di sebuah acara di Minsk pada Juli 2020 untuk mendukung Svetlana Tichanowskaja (tengah)Foto: Sergei Grits / dpa

Tuduhan pengadilan: upaya pengambilalihan secara ilegal. Kolesnikova dan Snak membuat Alexander mengundurkan diri setelah pemilihan presiden yang kontroversial Lukashenko (67) dan menyerukan pemilihan baru.

+++ BILD sekarang juga di televisi! Klik di sini untuk BILD LIVE +++

Mantan presiden petahana dituduh melakukan kecurangan pemilu, pemimpin oposisi Svetlana Tichanovskaya menyatakan dirinya sebagai pemenang pemilu sebagai imbalannya. Namun, dia harus melarikan diri dari negara itu sebelum diktator dan sekarang tinggal di pengasingan di Lituania. Dia menggambarkan Kolesnikova dan Ular sebagai “pahlawan” di Twitter: “Rezim ingin kita melihat mereka dipukuli dan kelelahan. Tapi lihat: Anda tersenyum dan menari.

Pemerintah federal serta Partai Hijau dan FDP mengutuk penghakiman sebagai simbol represi terhadap oposisi di Belarus. Uni Eropa menuduh Minsk “mengabaikan secara terang-terangan” hak asasi manusia.

Persidangan telah berlangsung secara tertutup sejak awal Agustus. Dalam video ruang sidang yang ditampilkan di layanan pesan Telegram, Kolesnikova membentuk hati dengan tangannya.


Di balik jeruji besi dan diborgol, Maria Kolesnikova membentuk hati dengan tangannya.  Dia sudah di penjara selama hampir satu tahun

Di balik jeruji besi dan diborgol, Maria Kolesnikova membentuk hati dengan tangannya. Dia sudah di penjara selama hampir satu tahunFoto: Ramil Nasibulin / dpa

Sebagai salah satu dari sedikit pemimpin oposisi, Kolesnikova tidak pergi ke pengasingan. Dia ditangkap setelah menolak deportasi ke luar negeri. Mantan musisi itu sudah lama bekerja sebagai manajer budaya di Stuttgart.

READ  Bukan kaleng, inilah kehebatan rudal 'monster' baru Korea Utara
Written By
More from Lukman Haq
Wakil Presiden AS Mike Pence menerima vaksin CV-19, yang disiarkan langsung di televisi
Washington DC, Kompas dot com – Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *