Putin menyetujui doktrin kebijakan luar negeri yang baru

Para pemimpin Rusia telah menetapkan pedoman kebijakan luar negeri mereka. Mereka terutama menargetkan orang Rusia yang tinggal di luar negeri.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyetujui doktrin kebijakan luar negeri baru berdasarkan konsep “dunia Rusia”. Rusia harus “melindungi, melestarikan, dan mempromosikan tradisi dan cita-cita dunia Rusia”, menurut dokumen setebal 31 halaman yang diterbitkan pada hari Senin.

“Federasi Rusia membantu rekan senegaranya yang tinggal di luar negeri untuk menegaskan hak-hak mereka untuk memastikan perlindungan kepentingan mereka dan pelestarian identitas budaya Rusia mereka.”

Rusia melihat bekas negara Soviet sebagai lingkup pengaruh

Konsep “dunia Rusia” telah digunakan oleh kaum konservatif untuk membenarkan tindakan di luar negeri demi kelompok-kelompok berbahasa Rusia. Putin berulang kali merujuk pada sekitar 25 juta orang Rusia yang berakhir di negara-negara merdeka yang muncul setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Pemerintah di Moskow memandang negara-negara bekas Soviet, dari negara-negara Baltik hingga Asia Tengah, sebagai bagian dari lingkup pengaruh. Banyak dari negara-negara ini, serta Barat, menolak ini.

READ  Kali ini setelah mendarat: Roket SpaceX kembali terbakar
Written By
More from Lukman Haq
Mosi tidak percaya yang berhasil: penggulingan pemerintah Bulgaria
Kepada: 22/06/2022 19:09 Setelah hanya enam bulan, pemerintah di Sofia dicopot dari...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.