Presiden Indonesia Tolak Kunjungan Kelompok 20 Putin

Menurut Perdana Menteri Italia Mario Draghi, Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan berkunjung ke Indonesia secara langsung untuk menghadiri KTT G20 di musim gugur. Presiden Indonesia Joko Widodo tampaknya menjadi moderator pertemuan G20, Draghi melaporkan pada hari Selasa setelah pertemuan G7 di Bavaria, di mana Jokowi terkadang hadir sebagai tamu. Widodo mengecualikan ini dan mengkategorikannya. Dia (Putin) tidak akan datang.

Tidak jelas apakah kepala Kremlin akan berpartisipasi dalam pertemuan G20 melalui tautan video. “Kita lihat saja apa yang terjadi,” kata Draghi. Menurut kantor berita Rusia Interfax, penasihat kebijakan luar negeri Putin Yuri Ushakov mengatakan: “Yah, itu jelas bukan hambatan.” Undangan pun datang dan kami merespon positif.

Putin ingin menghadiri KTT G20

Pada hari Senin, Ushakov mengatakan Putin ingin menghadiri pertemuan puncak di pulau Bali di Indonesia pada pertengahan November – tetapi dibiarkan terbuka bagaimana caranya. Presiden Indonesia Widodo mengkonfirmasi keterlibatan Putin pada akhir April. Oleh karena itu, tidak segera jelas bagaimana negara-negara Barat akan bereaksi terhadap hal ini.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov telah mengomentari kemungkinan pertemuan Putin dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang telah berperang melawan negaranya selama lebih dari empat bulan. “Apakah ada tempat untuk berjalan kaki di tepi distrik di Bali atau tidak,” kata Lavrov Zelenskyj diundang oleh pemerintah Indonesia, meskipun Ukraina bukan anggota.

READ  BTS Berusaha Menerangi Dunia Dengan Single Disco-Pop yang Hidup 'Dynamite' -
Written By
More from Saddam Javed
Pemecahan Masalah Sony: Hapus Cyberpunk 2077 dari PlaySation Store
Jakarta, CNN Indonesia – Hiburan interaktif Sony dikabarkan sedang down Game Cyberpank...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.