Presiden Ceko: Zeman mengumumkan pembentukan pemerintah yang cepat

Status: 05.11.2021 13:05

Inilah yang ditunggu-tunggu di Praha: sekitar sebulan setelah pemilihan, Presiden Ceko Zeman mengatakan dia ingin pembentukan pemerintahan berlangsung secepat mungkin. Perintah itu harus diberikan kepada koalisi lima partai.

Presiden Ceko Milos Zeman ingin membuka jalan bagi pembentukan pemerintahan baru sesegera mungkin. Dia melihat tidak ada masalah menunjuk politisi oposisi Petr Fiala sebagai perdana menteri, kata Zeman dalam sebuah wawancara radio.

Ini adalah pertama kalinya Zeman yang sakit berbicara di depan umum sejak pemilihan legislatif 8 dan 9 Oktober. Sebagai kepala negara, ia memberikan mandat untuk membentuk pemerintahan. Pada 10 Oktober, pria berusia 77 tahun itu dirawat di rumah sakit dan dibawa ke unit perawatan intensif. Kondisi kesehatannya telah menimbulkan pertanyaan tentang prosedur pasca pemilihan.

Peran kunci presiden

Sekarang Zeman mengatakan dia merasa baik dan ingin memenuhi masa jabatannya pada 2023. Fiala dari Partai Demokrat Warga (DOS) ingin memimpin koalisi lima partai individu. Aliansi kanan-tengah yang bersatu dan formasi bajak laut/walikota liberal telah memenangkan 108 dari 200 kursi di majelis rendah parlemen.

Babis menolak mandat pemerintah

Namun, sebelum pemilihan, Zeman telah mengumumkan bahwa mandat pemerintah akan diberikan kepada partai individu terkuat – lagi-lagi kepada NOA populis mantan Perdana Menteri Andrej Babis. Tapi ia mengatakan akan menolak kontrak pemerintah.

READ  Apakah China memenangkan kesepakatan perdagangan terbesar?
Written By
More from Lukman Haq
Kebakaran hutan dan panas: hujan memberi harapan bagi orang Yunani
Status: 12/08/2021 11:10 Bahaya belum dikesampingkan, tetapi situasi di daerah kebakaran hutan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *