Presiden Argentina terbuka untuk Bitcoin – bank sentral mengesampingkannya

Ghana adalah salah satu negara Afrika pertama yang menguji CBDC dengan proyek percontohan.

Di seluruh dunia, bank berurusan dengan mata uang kripto dan kemungkinan kasus penggunaan CBCD. Bank of Ghana, yang berkantor pusat di Accra, bekerja sama sekarang dengan perusahaan Jerman Giesecke + Devrient (L + D). Penyedia layanan pembayaran, pedagang dan pelanggan juga akan terlibat dalam proyek percontohan. Klien utama Giesecke + Devrient sebagian besar adalah bank – serta Bank Sentral Eropa.

Oleh karena itu, kedua belah pihak ingin mengetahui dalam proyek percontohan sejauh mana CBDC akan membawa manfaat bagi Ghana. Karena nama mata uang lokal Ghana adalah Cedi, CBDC dengan tepat disebut eCedi. G+D berkantor pusat di Munich dan memiliki spesialisasi dalam produksi uang kertas, kartu identitas dan paspor sejak didirikan di Leipzig pada tahun 1852.

CBDC bertujuan untuk menyederhanakan pembayaran

Dalam proyek percontohan dengan Giesecke + Devrient, Bank of Ghana berharap menjadi bagian dari tren global bagi bank sentral untuk meluncurkan CBDC.

CBDC menawarkan peluang bagus untuk membangun sektor keuangan yang tangguh, inklusif, kompetitif, dan berkelanjutan yang dipimpin oleh bank sentral. Semuanya menunjukkan bahwa konsep CBDC akan memainkan peran penting dalam penyediaan layanan keuangan di masa depan di seluruh dunia. Proyek ini merupakan langkah penting untuk memungkinkan Ghana memanfaatkan sepenuhnya konsep yang muncul ini,

demikian Dr. Ernest KY Addition, Direktur Bank of Ghana, dalam pemberitahuan yang diterbitkan mengenai hal ini.

CBDC bertujuan untuk membuat pembayaran lebih efisien dan memberi penduduk tanpa rekening bank mereka sendiri akses ke layanan keuangan. Karena jutaan orang Ghana masih belum memiliki akses ke rekening bank. Hanya 57% orang di atas 15 tahun yang memiliki pilihan untuk menarik atau menyimpan uang. Tentu saja, Bank of Ghana juga melihat keuntungan untuk dirinya sendiri di CBDC, karena pengenalan mata uang kripto negara tunduk pada kendalinya. Perusahaan Giesecke + Devrient juga memperluas komitmennya di bidang kriptografi dengan kerjasama ini.

READ  Harbolnas 12.12, Ini 7 Promosi Restoran Kafe Musiman, Semua Halaman
Written By
More from Hulwi Zafar
Pangkas biaya logistik, Pelindo I bekerjasama dengan laman BP Batam
Bidang, Kompas.com – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo Saya dan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *