Pound mencapai rekor tertinggi: Erdogan memecat staf bank sentral

Pound mencapai titik tertinggi sepanjang masa
Erdogan memecat staf bank sentral

Presiden Turki tampaknya memiliki sedikit kepercayaan terhadap arah kebijakan moneter bank sentral. Meskipun ada pemotongan suku bunga utama bulan lalu – mungkin didorong oleh Erdogan – tiga gubernur bank sentral sekarang harus bertindak atas permintaannya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sekali lagi ikut campur dalam kebijakan personalia bank sentral Turki. Dia memberhentikan tiga anggota komite kebijakan moneter pada hari Rabu dan menunjuk dua anggota baru sebagai pengganti mereka, lapor surat kabar resmi Turki. Taha Cakmak menjadi wakil direktur bank sentral dan Yusuf Tuna menjadi anggota komite kebijakan moneter. Nilai tukar mata uang lokal turun setelah pengumuman ke rekor tertinggi Lira 9,17 per dolar.

Bulan lalu, bank sentral menurunkan suku bunga kebijakan dari 19% menjadi 18%, meskipun inflasi sekitar 20%. Pengamat melihat di balik ini pengaruh Erdogan, yang dinyatakan sebagai penentang suku bunga tinggi. Kantor kepresidenan mengatakan pada hari Rabu bahwa Erdogan telah bertemu dengan kepala bank sentral Sahap Kavcioglu dan merilis foto bersama.

Seminggu yang lalu, kantor berita Reuters mengetahui dari orang-orang yang mengetahui masalah bahwa presiden telah kehilangan kepercayaan pada kepala bank sentral. Alasannya adalah bahwa Kavcioglu tidak menurunkan tingkat kunci. Dalam tiga tahun terakhir, lira telah kehilangan lebih dari setengah nilainya. Menurut pengamat, ini juga karena campur tangan Erdogan yang terus-menerus dalam urusan bank sentral, yang merusak kepercayaan pada otoritas moneter dan pada lira.

READ  Perjanjian Perdagangan Bebas dengan Indonesia - itu semua tentang itu
Written By
More from Hulwi Zafar
Razer dan komunitas game global ingin menyelamatkan 1 juta pohon dengan Sneki Snek – Hardware
(Ekstrak dari siaran pers) HAMBURG – Razer ™, merek gaya hidup terkemuka...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *