Petugas polisi ditemukan hidup setelah lebih dari 16 tahun

Ratusan ribu orang tewas dalam bencana alam tahun 2004

230.000 orang tewas dalam bencana tsunami Samudra Hindia yang menghancurkan pada tahun 2004. Salah satu korbannya adalah Abrip Asep – seorang polisi yang sedang bertugas di provinsi paling barat Indonesia, Aceh, saat terjadi bencana alam. Sekarang keluarganya telah mengetahui: kerabat mereka, hilang selama lebih dari 16 tahun, masih hidup. Pengalaman traumatis membuatnya mengalami cedera psikologis yang serius, itulah sebabnya dia ditempatkan di klinik psikiatri. Tidak jelas mengapa keluarganya tidak pernah menerima pesan yang mengatakan bahwa dia ada di klinik.

Abrip Asep dinyatakan tewas pasca tsunami di Indonesia

Gelombang setinggi lebih dari 30 meter membanjiri sebagian besar Asia Tenggara pada Boxing Day 2004. Ketika mereka berhenti mendengar Abrip Asep, keluarganya melaporkan dia hilang, seperti dilansir Daily Mail. Dia kemudian dinyatakan meninggal dan kerabatnya sangat yakin bahwa mereka tidak akan pernah melihat Abrip lagi.

Gambar polisi telah muncul di jejaring sosial

Adalah kebetulan yang membahagiakan bahwa polisi itu ditemukan hidup-hidup: foto orang yang hilang muncul dalam obrolan grup keluarga di media sosial. Asep ditemukan di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh dan dipertemukan kembali dengan keluarganya.

“Saya tidak bisa mempercayainya,” kata seorang kerabat. “Kami belum mendengar kabar darinya selama 17 tahun dan mengira dia sudah mati.” Polisi setempat memastikan pria yang ditemukan adalah Abrip Asep. Menurut New Zealand Herald, dia dalam keadaan sehat.

Salah satu bencana terbesar dalam sejarah manusia

Tsunami 26 Desember 2004 dianggap sebagai salah satu bencana terbesar dalam sejarah manusia. Itu dipicu oleh gempa bumi berkekuatan 9,1 di lepas pantai barat laut Sumatera. Perpanjangan gelombang besar bahkan terlihat hingga Madagaskar dan Tanzania.

READ  Ilmuwan menggunakan panel surya untuk menjelajahi planet lain

Wilayah yang paling terpukul adalah Aceh, di ujung barat laut pulau Sumatera, Indonesia. Sekitar 170.000 orang telah meninggal di sini sendirian. Sebagian besar ibu kota provinsi Banda Aceh hanya terdiri dari puing-puing dan sisa-sisa tembok.

Written By
More from Hulwi Zafar

Ilmuwan menggunakan panel surya untuk menjelajahi planet lain

Tim tersebut telah mengumpulkan data luar angkasa matahari untuk memprediksi kehidupan di...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *