Perusahaan Amerika Astra Space berhasil meluncurkan roket pertamanya ke orbit

Perusahaan Amerika Astra Space telah berhasil meluncurkan roket. Roket yang dijuluki “Peluncuran Kendaraan 0007” (LV0007) lepas landas Sabtu pagi (waktu setempat) dari Pulau Kodiak di lepas pantai Alaska dan mencapai ketinggian 500 km dan dengan demikian di orbit.

Muatan yang dibawa untuk militer AS digunakan untuk pengujian. Dengan ini, start-up California mengakhiri serangkaian upaya start-up yang gagal sebelumnya dan sekarang berharap untuk memasuki segmen transportasi ruang angkasa komersial.

Upaya peluncuran pertama Astra Space gagal pada Maret 2020 ketika kompetisi DARPA yang bertujuan untuk menunjukkan kemampuan perusahaan untuk kebutuhan militer AS – rudal tidak lepas landas. Dalam upaya berikutnya ada kesulitan dengan sistem panduan rudal dan dengan jumlah bahan bakar. Upaya terakhir pada bulan Agustus tahun ini dengan LV0006 menghasilkan start yang hampir salah karena mesin gagal dan roket lepas landas di lereng; kemudian tidak mencapai ketinggian yang dibutuhkan.

Dengan start-up yang sukses, Astra Space kini menjadi salah satu perusahaan yang berhasil meluncurkan penerbangan roket komersial ke orbit. Astra bermaksud untuk meluncurkan satelit dengan berat hingga 500 kg ke orbit rendah dan, selain Pulau Kodiak, untuk menempatkan situs peluncuran tambahan ke dalam layanan. Selain perusahaan SpaceX yang paling terkenal, grup ini termasuk, antara lain, perusahaan Rocket Lab, yang telah mencapai beberapa peluncuran yang sukses dan yang memiliki kepercayaan diri untuk menjadi saingan terbesar SpaceX. Roket transportasi Falcon Heavy SpaceX pertama kali lepas landas pada awal 2018 dan meluncurkan Tesla merah ke luar angkasa. Awal tahun ini, perusahaan Virgin Orbit juga meluncurkan roket untuk pertama kalinya – meskipun dari pesawat terbang; sepuluh satelit kecil dikerahkan di sana.

READ  Letusan gunung berapi di Indonesia: Gunung berapi di Indonesia mengeluarkan abu dan bebatuan - Panorama

Rekaman awal dapat dilihat di saluran YouTube NASASpaceFlight (setelah sekitar satu jam 44 menit):

Dari LV0007


(tiga)

Ke halaman rumah

Written By
More from Hulwi Zafar
Troll paten terhadap Intel: Hakim AS mengizinkan Intel menagih miliaran dolar
Upaya Intel untuk menggugat putusan dugaan pelanggaran paten dengan nilai sengketa US$2,18...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *