Perubahan iklim telah meningkatkan tropopause selama beberapa dekade

Diperbarui 8 November 2021 11:15

  • Perubahan iklim juga mempengaruhi atmosfer.
  • Lapisan batas antara troposfer dan stratosfer telah meningkat selama beberapa dekade – dengan baik lima puluh meter per dekade.

Anda dapat menemukan lebih banyak topik lingkungan di sini

Dari Perubahan iklim mempengaruhi atmosfer bumi sampai tingkat yang sangat tinggi. Pengukuran telah menunjukkan bahwa lapisan batas antara troposfer, di mana waktu terbentang, dan stratosfer di atasnya telah meningkat terus menerus sejak tahun 1980, dengan baik lima puluh meter per dekade.

Ketinggian rata-rata tropopause sekarang 12,4 kilometer – pada tahun 1980 200 meter lebih rendah. Inilah yang dilaporkan tim peneliti internasional yang dipimpin Lingyun Meng dari Universitas Nanjing dalam jurnal “Science Advances”.

Ketinggian tropopause adalah cara sensitif untuk menentukan perubahan iklim buatan manusia

Di troposfer, suhu udara menurun dengan meningkatnya ketinggian, dengan tropopause penurunan ini berhenti. Ketinggian lapisan batas ini tergantung pada garis lintang geografis: tropopause sekitar 8 kilometer di kutub dan sekitar 18 kilometer di khatulistiwa. “Ketinggian tropopause adalah alat yang sensitif untuk mendeteksi perubahan iklim buatan manusiaPara ilmuwan menulis: Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa tropopause meningkat dengan meningkatnya suhu di troposfer, serta dengan penurunan suhu di stratosfer.

Untuk periode 1980 hingga 2020, Meng dan rekan-rekannya mengevaluasi serangkaian pengukuran dari radiosondes, yang biasanya naik dari balon cuaca ke stratosfer. Mereka juga menggunakan data satelit. Para peneliti ingin mengetahui bagaimana suhu di troposfer dan stratosfer telah berubah dan kontribusi apa yang dimiliki setiap lapisan atmosfer dalam perubahan tropopause.

Tropopause Memberikan “Bukti Penting Perubahan Iklim Buatan Manusia”

Penilaian menunjukkan: Pada paruh pertama periode – dari 1980 hingga 2000 – perubahan suhu di troposfer dan stratosfer lagi-lagi memiliki efek yang kurang lebih sama pada ketinggian tropopause. Namun, sejak itu, pemanasan troposfer telah berkontribusi sekitar tiga perempat dari kenaikan lapisan batas sebesar 53 meter per dekade.

READ  Holiday World & Splashin 'Safari Park: Wanita meninggal setelah naik roller coaster

Untuk analisis mereka, para peneliti menghitung fluktuasi iklim karena penyebab alami, seperti letusan gunung berapi atau fenomena iklim El Nio. Namun demikian, trennya terlihat jelas. “Ini memberikan bukti penting untuk pengamatan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia,” kata mereka. (dpa / mgb)

Para peneliti baru-baru ini merilis data dari awan badai yang sedingin awan badai yang direkam sebelumnya. (Foto: iStock-Skyhobo)

Written By
More from Lukman Haq
Wanita dihukum mati karena penistaan ‚Äč‚Äčagama di Pakistan
Diperbarui 28 September 2021 pukul 12:13. Seorang wanita telah dijatuhi hukuman mati...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *