Peru: calon presiden Keiko Fujimori dilaporkan ditahan

Empat hari setelah pemilihan presiden Peru penuntut kembali mengajukan permintaan rujukan terhadap calon Keiko Fujimori. Politisi populis sayap kanan telah melanggar persyaratannya, katanya Kamis dengan motif. Fujimori telah dipenjara beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir karena korupsi.

Sementara itu, semuanya menunjuk pada kemenangan tipis bagi kandidat sayap kiri Pedro Castillo menuju Fujimori. Setelah menghitung hampir semua suara, kandidat dari partai Marxis-Leninis Peru Free memperoleh 50,2%, Fujimori 49,8%. Namun, KPU belum menetapkan satu pun calon sebagai pemenang.

Menyusul tuduhan penipuan, partai Fujimori, Fuerza Popular, baru-baru ini menyerukan pembatalan sekitar 200.000 suara karena ketidakberesan di tempat pemungutan suara. Pengamat pemilu, di sisi lain, mengatakan pemilihan putaran kedua hari Minggu sebagian besar berjalan dengan baik.

Fujimori, 46, adalah tokoh terkenal dalam politik Peru. Dia mencalonkan diri untuk ketiga kalinya, meskipun dia dibenci oleh banyak pemilih. Seperti mantan presiden ayahnya Alberto Fujimori dia didakwa dengan beberapa skandal korupsi, dan dia dipenjara selama satu setengah tahun. Dia menyangkal tuduhan itu.

Namun demikian, Fujimori mungkin telah menghitung di antara beberapa pendukungnya, bahkan di kubu liberal. Termasuk, misalnya, Peraih Nobel Sastra Mario Vargas Llosa. Alasannya adalah ketakutan kandidat kiri, di mana lawan-lawannya mengenali ideolog keras kepala yang ingin mendirikan kediktatoran sosialis di Peru dengan model Venezuela atau Kuba.

READ  Angela Merkel memperkirakan jumlah pengungsi Afghanistan akan meningkat
Written By
More from Lukman Haq

Celebrity Breaking News – Berita Selebriti Terbaru Hari Ini

Kehidupan Hollywood Alec Baldwin memerankan keturunan Donald Laporan dari jurnalis Grid IID...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *