Perselisihan mengenai pengiriman bantuan: Dewan Keamanan PBB memperluas bantuan ke Suriah

Status: 07/12/2022 15:58

Mandat PBB untuk memberikan bantuan internasional ke Suriah telah diperpanjang selama enam bulan. Setelah berhari-hari kontroversi, anggota Dewan Keamanan menyetujui proposal Rusia.

Dewan Keamanan PBB telah memperpanjang mekanisme pengiriman bantuan internasional ke Suriah selama enam bulan. Setelah berhari-hari kontroversi, badan PBB itu akhirnya mengikuti usulan dari Rusia. Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis abstain.

Anggota Dewan Keamanan Barat telah menyerukan perpanjangan satu tahun, terutama untuk memberikan organisasi bantuan perencanaan keamanan. Bagian dari resolusi yang sekarang telah disahkan juga merupakan opsi untuk memperpanjang masa jabatan selama enam bulan lagi setelah enam bulan berlalu.

Putaran pertama pemungutan suara pada hari Jumat tidak berhasil: proposal Rusia untuk perpanjangan enam bulan ditolak. Rusia, di sisi lain, memveto rencana barat satu tahun. Akibatnya, mandat mekanisme bantuan untuk sementara berakhir pada hari Minggu.

Barang hanya dapat dikirim melalui pos

Berkat keputusan saat ini, pengiriman bantuan kemanusiaan dari Turki ke Idlib melalui perbatasan Bab al-Hawa dimungkinkan hingga 10 Januari 2023. Di kubu pemberontak Suriah terakhir, sekitar 4,1 juta orang bergantung pada bantuan.

Rusia, yang mendukung pemimpin Suriah Bashar al-Assad, telah berulang kali mengisyaratkan bahwa mereka ingin menutup penyeberangan perbatasan ini – pasokan bantuan kemudian akan diterima dan didistribusikan oleh rezim Suriah. Namun, kelompok oposisi memperingatkan bahwa pihak berwenang di Damaskus dapat menggunakan ini sebagai pengaruh terhadap penduduk Idlib.

Rusia melakukan intervensi militer dalam perang Suriah pada tahun 2015. Akibatnya, gelombang berbalik mendukung pemimpin Suriah, yang pasukannya mampu merebut kembali sejumlah daerah.

Written By
More from Lukman Haq
Pemungutan suara NATO sudah dekat: pesawat pengintai Rusia melanggar wilayah udara Swedia
Pemungutan suara NATO sudah dekat Pramuka Rusia melanggar wilayah udara Swedia 04/30/2022,...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.