Perselisihan atas Irlandia Utara: AS mengancam Liz Truss untuk menjabat

Sengketa atas Irlandia Utara
Amerika Serikat segera mengancam Liz Truss untuk mulai bekerja

Liz Truss baru menjabat selama beberapa jam ketika perdana menteri baru Inggris mendapati dirinya menghadapi tantangan dari mitra transatlantiknya: Amerika Serikat memperingatkan Truss agar tidak menerapkan salah satu visi politik besarnya.

Amerika Serikat memperingatkan Perdana Menteri Inggris yang baru Liz Truss terhadap perubahan sepihak pada perjanjian Brexit dengan Uni Eropa. Setiap upaya untuk merusak kesepakatan Irlandia Utara akan berdampak negatif pada pembicaraan kesepakatan perdagangan Inggris-AS, kata sekretaris pers pemerintah AS Karine Jean-Pierre. Sebagai Menteri Luar Negeri, Truss mendorong undang-undang untuk membatalkan apa yang disebut Protokol Irlandia Utara.

Pemerintah Inggris sendiri merundingkan protokol Irlandia Utara sebagai bagian dari keluarnya Uni Eropa. Ini memberikan aturan pabean khusus bagi Irlandia Utara untuk menjaga perbatasan sensitif antara provinsi Inggris dan negara bagian Irlandia di Uni Eropa – juga untuk mencegah konflik di Irlandia Utara meningkat lebih lanjut. Namun, kesepakatan itu menciptakan perbatasan pabean de facto di Laut Irlandia, memisahkan Irlandia Utara dari bagian Inggris lainnya. Hal ini menyebabkan, antara lain, masalah pengiriman dan juga kebencian besar di Inggris Raya.

Undang-Undang Amandemen Protokol Irlandia Utara menghapus rintangan parlemen pertama dengan pemungutan suara di House of Commons pada akhir Juni. Selain perubahan pajak dan sistem pelabelan barang, itu juga menetapkan bahwa Pengadilan Eropa seharusnya tidak lagi memiliki yurisdiksi atas sengketa terkait dengan pelaksanaan Brexit. Uni Eropa sangat mengkritik proyek tersebut dan mengancam untuk pergi ke Pengadilan Eropa.

Truss telah mendorong solusi untuk sengketa protokol Irlandia Utara dalam panggilan telepon ke Kanselir Olaf Scholz pada Rabu malam. Menurut kantor kepresidenan, Presiden AS Joe Biden mendesak dalam panggilan telepon ke Truss pada hari Selasa bahwa perdamaian dipertahankan di Irlandia Utara dan kompromi dinegosiasikan dengan Uni Eropa.

READ  Laporan Dinas Rahasia: Tentara Rusia Mengkritik Permainan Tank Moskow
Written By
More from Lukman Haq
Seekor kambing melukai 40 tentara Rusia
Sebuah unit Rusia di Ukraina ingin melindungi diri dari penyerang dengan kabel...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.