Peringatan tsunami dicabut setelah gempa laut yang kuat. Asia saat ini | DW

Gempa terjadi pada pukul 12:20 (waktu setempat) sekitar 100 kilometer barat laut pulau Flores Indonesia. Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) Nasional memberikan intensitasnya sebesar 7,4. USGS menempatkan besarnya gempa di 7,3. Menurut pejabat Indonesia, pusatnya sekitar 12 kilometer. USGS mengatakan kedalaman 18,5 kilometer.

Tak lama setelah gempa, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memperingatkan gelombang berbahaya untuk wilayah pesisir hingga 1.000 kilometer jauhnya. Peringatan itu dicabut beberapa jam kemudian.

Tidak ada cedera yang dilaporkan pada awalnya. Stasiun TV lokal menayangkan rekaman warga Flores yang mencoba meninggalkan pantai dengan berjalan kaki atau naik sepeda motor. Gempa berkekuatan 5,6 magnitudo terjadi menurut Survei Seismologi Indonesia.

Negara kepulauan di Asia Tenggara, Indonesia, terletak di Cincin Api Pasifik, wilayah paling aktif secara geologis di Bumi dengan seringnya gempa bumi dan letusan gunung berapi. Pada tahun 2004, gempa bumi berkekuatan 9 di pulau Sumatera, yang menyebabkan tsunami besar, memiliki konsekuensi yang sangat parah. Selain Indonesia, India, Sri Lanka, Thailand dan Malaysia sangat terpengaruh. Gelombang kuat telah menyebabkan kematian dan kehancuran di bagian lain dari Samudera Hindia. Sekitar 230.000 orang kehilangan nyawa.

s/rb (ap, rtr, dpa)

READ  HP Oppo Reno4 F, konstruksi ringan dan teknologi canggih
Written By
More from Saddam Javed
Pensiunan Indonesia dan istrinya dibunuh dengan kapak – Berita Luar Negeri
Jakarta – Pensiunan Jerman Kurt Emil Nonnachcher (85) ingin pensiun di Indonesia....
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.