Peringatan tsunami dicabut: gempa bumi menakutkan Selandia Baru

Peringatan tsunami dicabut
Gempa Selandia Baru membuat takut

Gempa bumi besar 7,1 melanda Selandia Baru. Pusatnya berada di laut sebelah timur Pulau Utara Selandia Baru. Menurut laporan, guncangan dirasakan di seluruh wilayah pada Jumat malam (waktu setempat), termasuk kota-kota besar di Auckland, Wellington, dan Christchurch.

Hampir dua jam setelah gempa, 60.000 orang melaporkan ke sistem pemantauan GeoNet setempat bahwa mereka telah merasakan gempa tersebut, surat kabar New Zealand Herald melaporkan. Awalnya, bagaimanapun, tidak ada informasi yang tersedia tentang kerusakan atau cedera.

Menurut informasi dari GeoNet, gempa terjadi hampir 100 kilometer di lepas pantai distrik Gisborne pada kedalaman 94 kilometer. Ada beberapa gempa susulan kecil. Sistem peringatan dini AS awalnya mengeluarkan peringatan tsunami dalam jarak 300 kilometer. Namun, beberapa jam kemudian, pihak berwenang mengumumkan bahaya telah berlalu. “Saya berharap semua orang baik-baik saja di sana,” tulis Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern di Instagram, “terutama mereka yang berada di pantai timur yang pasti telah merasakan kekuatan gempa sepenuhnya.”

Pertahanan Sipil di Selandia Baru telah meminta penduduk daerah pesisir untuk pindah ke daerah yang lebih tinggi, seperti dilansir surat kabar “New Zealand Herald”. Banyak penduduk lokal yang masuk ke negara itu setelah peringatan tersebut. Badan perlindungan sipil meminta warga untuk menjauh dari air dan pantai dan mengikuti berita di radio, televisi dan internet.

Bulan lalu, Selandia Baru memikirkan para korban gempa bumi Christchurch sepuluh tahun lalu. Pada 22 Februari 2011, 185 orang tewas di kota terbesar di Pulau Selatan. Gempa tersebut memiliki kekuatan 6,2 skala Richter.

READ  Seorang pemberi pengaruh langsung tentang pembakaran mantan suaminya selama obrolan langsung
Written By
More from Lukman Haq

Seorang gadis berusia 19 tahun diculik, diperkosa dan dibakar

Aljir, Kompas.com – Gadis berusia 19 tahun diculik di Aljazair Memperkosa Dan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *