Peretas memasuki PlayStation 5 (pelepasan kunci root PS5)

Peretas memperoleh akses ke PlayStation 5

Peretas konsol telah menembus sistem PlayStation 5 dan dapat menggunakan kunci root untuk mendekripsi pembaruan firmware.

Kolektif peretas “FailOverflow” juga untuk salah satu dari peretasan pertama pada sistem PlayStation 4 diketahui. Grup reverse engineering membutuhkan waktu sekitar 2 tahun dengan konsol sebelumnya untuk dapat menunjukkan hit besar pertama mereka. Dengan PlayStation 5, kesuksesan mungkin sedikit lebih cepat. Beberapa hari sebelum ulang tahun pertama PS5, grup tersebut merilis kode biner bootloader yang tidak terenkripsi (Pembaruan Firmware Pemuat Aman v4.03). Dengan ini, kolektif telah merambah jauh ke dalam struktur sistem. Namun, masih ada jalan panjang sebelum akses penuh (jailbreak), di mana perangkat lunak atau game bajakan Anda sendiri dapat dimulai melalui PlayStation 5.

Peretas Menemukan Kunci Root PS5

Grup peretasan mengonfirmasi melalui Twitter bahwa mereka memiliki akses ke semua kunci root simetris. Kunci ini dapat digunakan untuk mendekripsi dan mengenkripsi data. Ini sangat menarik karena FailOverflow sekarang dapat mengevaluasi pembaruan firmware yang benar-benar terlindungi. Misalnya, Anda bisa mendapatkan informasi tentang fitur PS5 saat ini dan yang akan datang, atau tips tentang cara masuk lebih dalam ke “inti PS5”. Peretas mungkin telah menemukan kunci (yang unik untuk setiap konsol) di area memori tertentu.

Selain itu, ini mungkin bukan kasus yang terisolasi. “Insinyur” Andy Nguyen memposting foto ke fitur PS5Share di Twitter, yang menunjukkan menu debug konsol PS5 diaktifkan. Ini sebenarnya disediakan untuk kit pengembangan PS5, tetapi berkaitan dengan mengaktifkan fitur yang sama.

Jailbreak PS5 masih akan memakan waktu

Mudah-mudahan akan membutuhkan waktu sebelum eksploitasi kernel PS5 (KEX) penuh tercapai. Sementara komunitas peretas sudah mulai bekerja, baik FailOverflow maupun Ngyuen (Theflow0) tidak merilis rincian tentang bagaimana mereka dapat membobol sistem PlayStation 5. Mereka yang terlibat dapat menunggu Sony untuk menutup lubang keamanan, yang akan memberikan peretas “eksklusif” akses ke perangkat lunak PS5 untuk saat ini. Untuk Sony Interactive Entertainment, dekripsi lengkap sistem pada tahap awal dalam siklus konsol akan menjadi bencana.

Written By
More from Munir Rad
Spesifikasi dan Daftar Harga iPhone 12 Oktober 2020
TRIBUNNEWS.COM – Berikut detail lengkap iPhone 12 termasuk update harga iPhone terbaru...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *