Percakapan telepon antara Putin dan Erdogan

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di telepon tentang kemungkinan solusi untuk sengketa ekspor biji-bijian dari Ukraina. Sudah waktunya bagi PBB untuk mengimplementasikan rencana koridor gandum melintasi Laut Hitam, sebuah pernyataan dari kantor kepresidenan Turki mengatakan pada hari Senin. Kremlin mengatakan itu juga tentang kerja sama ekonomi antara kedua negara. Ada juga pembicaraan tentang “pertemuan tingkat tinggi Rusia-Turki” yang direncanakan dalam waktu dekat. Rincian tidak diberikan.

Kemudian pada hari itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mentweet bahwa dia juga telah berbicara dengan Erdogan tentang cara-cara untuk membuka blokir pelabuhan dan melanjutkan ekspor biji-bijian.

Rusia baru-baru ini menunjukkan kesediaan untuk berbicara tentang stok biji-bijian, yang diblokir di Ukraina sejak dimulainya perang pada akhir Februari. Pada saat yang sama, Moskow, yang memulai perang, berulang kali dengan keras menyangkal bahwa hal itu akan mencegah ekspor gandum dan dengan demikian membahayakan ketahanan pangan di seluruh dunia. Di sisi lain, banyak politisi Barat dan Ukraina sendiri jelas menyalahkan Rusia atas situasi tersebut.
Menurut kedua belah pihak, Putin dan Erdogan juga membahas situasi di Suriah selama panggilan telepon mereka. Ankara mengatakan Erdogan telah mendukung perluasan mekanisme bantuan lintas batas ke Suriah. Penyelesaian, yang berakhir pada hari Minggu, memungkinkan PBB untuk membawa pasokan bantuan besar melintasi perbatasan ke bagian-bagian Suriah yang tidak dikendalikan oleh pemerintah.

Namun, Dewan Keamanan PBB tidak dapat menyepakati perpanjangan mekanisme tersebut. Jumat lalu, Rusia memveto rancangan resolusi yang akan berlanjut selama satu tahun lagi. Sebuah resolusi kontra Rusia bahwa penyeberangan perbatasan Bab al-Hawa harus tetap dibuka selama enam bulan juga gagal mendapatkan suara mayoritas.

READ  Di akhir embargo senjata, Iran mengejek Amerika Serikat
Written By
More from Lukman Haq
22.000 orang yang kembali pada hari Sabtu: Polandia memiliki lebih banyak entri daripada keluar ke Ukraina
22.000 orang yang kembali pada hari Sabtu Polandia memiliki lebih banyak kedatangan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.