Perang Ukraina: Rusia mengevakuasi Pulau Ular

RRusia tidak lagi mengendalikan Pulau Ular yang penting secara strategis di Laut Hitam. Kementerian Pertahanan di Moskow mengkonfirmasi penarikan dari pulau yang diduduki oleh pasukan Rusia pada hari pertama invasi ke Ukraina pada 24 Februari. Namun, ia menyatakan penarikan pasukan Rusia sebagai “tanda niat baik”. Rusia tidak menghalangi upaya PBB untuk mengatur koridor kemanusiaan untuk ekspor produk pertanian dari Ukraina. Menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, Ukraina tidak dapat lagi meminta kehadiran pasukan Rusia karena tidak mengekspor gandum melintasi Laut Hitam.

Gerard Gnauck

Koresponden politik untuk Polandia, Ukraina, Estonia, Latvia dan Lithuania yang berbasis di Warsawa.

Menurut tentara Ukraina, penarikan pasukan Rusia dari pulau itu dipaksa oleh banyak serangan artileri besar-besaran selama sepuluh hari terakhir, di mana beberapa sistem rudal anti-pesawat “Panzir” dihancurkan. Pada 17 Juni, pasukan Ukraina menenggelamkan kapal suplai Angkatan Laut Rusia dalam perjalanan ke Pulau Ular, yang tampaknya dimaksudkan untuk mengirimkan sistem rudal ke sana.

Pulau yang hanya berukuran 0,2 kilometer persegi ini terletak di seberang Delta Danube, tepat di perbatasan antara perairan Sungai Danube. Ukraina dan Rumania. Menurut para ahli militer, kendali mereka memungkinkan kendali luas di bagian barat laut Laut Hitam dan wilayah udara Ukraina selatan. Tentara Ukraina telah mengumumkan bahwa mereka akan segera mengirim tentaranya sendiri ke pulau itu lagi.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyambut pertukaran tahanan terbaru dengan Rusia, di mana 144 tentara dan tahanan lainnya kembali ke rumah pada Rabu malam. Selenskyi berbicara tentang “berita optimis dan sangat penting”. Sebagai hasil dari pertukaran, yang terjadi pada Rabu malam, 59 anggota Garda Nasional dibebaskan, termasuk pejuang dari resimen “Azov” Nasionalis sebelumnya. 30 pelaut, serta tentara lainnya, penjaga perbatasan, anggota pertahanan teritorial dan seorang polisi juga dibebaskan. Mereka berusia antara 19 dan 65 tahun, dan seorang wanita dikatakan di antara mereka. Itu adalah pertukaran tahanan terbesar sejak serangan pada akhir Februari.

READ  Energi nuklir alih-alih gas: Christian Lindner takut akan "krisis listrik"
Written By
More from Lukman Haq
Kemarahan di Twitter: menteri macho membiarkan istri menyekop salju
Manitoba, Kanada – Apakah dia menggali kuburnya sendiri dengan foto ini? Jon...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.