Penjelajah Exoplanet yang Terlupakan – Tragedi Ilmiah pada tahun 1987

Planet di dekat bintang 51 Pegasi ditemukan pada tahun 1995, tetapi bukan penampakan pertama dari benda seperti itu. Berikut adalah ilustrasinya. (ESO)

Dikatakan dan diulangi bahwa penemuan pertama sebuah planet di dekat bintang yang mirip dengan matahari dilakukan pada pertengahan tahun 1990. Memang, penemuan planet ekstrasurya pertama telah diumumkan delapan tahun sebelumnya, pada tanggal 18 Juni 1987 .

Astronom Kanada Gordon Walker dan Bruce Campbell telah menemukan bahwa bintang Gamma Cephei berosilasi sangat sedikit. Ini karena planet mengorbit bintang. Para peneliti mempresentasikan data mereka dengan sangat enggan di sebuah konferensi.

Saat ini, sulit untuk membayangkan bahwa pada tahun 1980-an sebagian besar rekan kerja memandang penemuan Walker dan Campbell dengan ketidakpedulian atau skeptisisme yang besar. Tidak ada yang berpikir untuk memverifikasi penampakan.

Peneliti mereka kembali pada penemuan mereka

Belakangan, orang-orang Kanada berkecil hati dengan saran seorang rekan bahwa sinyal yang diduga dari sebuah planet mungkin semata-mata disebabkan oleh aktivitas di permukaan bintang. Tertekan, mereka membalikkan penemuan mereka dan berhenti bekerja. Pada tahun 2003, astronom lain mengkonfirmasi penemuan tersebut.

Namun penemuan bersejarah tersebut telah lama dilupakan oleh ilmu pengetahuan dan masyarakat. Bahkan Hadiah Nobel diberikan kepada penerusnya beberapa tahun yang lalu, bukan kepada Walker dan Campbell – penemu exoplanet yang sebenarnya.

READ  Apakah Google mengandalkan kamera?
Written By
More from Munir Rad
GTA V telah terjual lebih dari 165 juta, seperti halnya waralaba Take Two lainnya
Take-Two telah mengumumkan angka penjualan terbaru untuk game-game hit utamanya. Berapa juta...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.