Pengaduan terhadap Putra Mahkota Mohammed Bin Salman atas pembunuhan Khashoggi

kembaliOrganisasi Reporters Without Borders mengajukan pengaduan terhadap Putra Mahkota Arab Saudi dengan Jaksa Agung Mohammed bin salman berpose. Dia akan menjadi penanggung jawab utama atas pembunuhan jurnalis tersebut Jamal Khashoggi dan penahanan lebih dari tiga puluh jurnalis Saudi, bagian Jerman dari Reporters Without Borders (RSF) mengumumkan pada hari Selasa. Ini adalah kejahatan terhadap kemanusiaan. Keluhan tersebut juga ditujukan kepada empat perwakilan senior lainnya dari kerajaan Islam konservatif. Kantor Kejaksaan Federal di Karlsruhe telah mengkonfirmasi penerimaan pengaduan pidana.

“RSF meminta jaksa penuntut umum untuk membuka penyelidikan resmi atas kejahatan ini,” kata iklan itu. Organisasi itu didasarkan pada prinsip yang dikenal sebagai hukum universal: penulis tidak boleh mencari perlindungan di mana pun. Setelah itu dilanjutkan Kantor Kejaksaan Federal Kejahatan di bawah KUHP Internasional (VStGB), yang mulai berlaku pada tahun 2002.

Khashoggi, yang tinggal di pengasingan di Amerika Serikat, dibunuh oleh komando khusus dari Riyadh pada 2 Oktober 2018 di konsulat Saudi di Istanbul. Masih tidak ada jejak tubuhnya hingga hari ini. DI laporan dinas rahasia AS dirilis pada hari Jumat Bin Salman telah menyetujui operasi untuk menangkap atau membunuh Khashoggi. Arab Saudi menganggap ini sebagai kesalahan.

Kantor Kejaksaan Federal telah memainkan peran perintis dalam penuntutan kejahatan perang di Suriah. Korban dan pelaku kerap menemukan pengungsi di sini. Jika tersangka asing tidak berada di Jerman, penyidik ​​tidak perlu bertindak. Oleh karena itu, negara tempat kejahatan terjadi dan dari mana pelaku dan korban berasal adalah yang paling bertanggung jawab. Menurut VStGB, kejahatan terhadap kemanusiaan terjadi “sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematis terhadap penduduk sipil”.

READ  Dua orang trans dijatuhi hukuman lima tahun penjara di Kamerun

Pengadilan atas pembunuhan Khashoggi sedang berlangsung di Turki. Pengadilan Saudi menghukum mati lima terdakwa, diikuti dengan hukuman penjara yang lama. RSF mengkritik fakta bahwa tersangka utama “sampai sekarang benar-benar dibebaskan dari sanksi”. Kasus-kasus yang dilaporkan telah mengungkap sistem yang mengancam kehidupan dan kebebasan semua jurnalis.

Written By
More from Lukman Haq

China: Schäfer menyelamatkan enam pelari dalam tragedi maraton di gua gunungnya

Zhu Keming telah berhati-hati. Sebagai seorang gembala, dia mengetahui cuaca di wilayah...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *