Penerbangan MH17 ditembak jatuh: proses memasuki fase yang menentukan

Status: 06/07/2021 13:54

Hampir tujuh tahun lalu, ketika penerbangan MH17 ditembak jatuh di atas Ukraina timur, hampir 300 orang tewas. Sidang utama terhadap empat terdakwa kini telah dimulai di Belanda.

Hampir tujuh tahun setelah sebuah pesawat ditembak jatuh di Ukraina timur yang menewaskan hampir 300 orang, proses pidana memasuki fase yang menentukan. Dengan tidak adanya empat terdakwa, pengadilan pidana membuka persidangan utama di gedung yang diamankan secara khusus di bandara Amsterdam.

Pengadilan akan menghadirkan kasus besar secara netral dan tidak memihak, kata hakim ketua Hendrik Steenhuis. Jaksa penuntut umum mendakwa tiga orang Rusia dan seorang Ukraina dengan pembunuhan 298 orang. Dikatakan bahwa Anda bertanggung jawab untuk menjatuhkan mesin dengan rudal anti-pesawat Rusia.

Menurut jaksa, keempat terdakwa menduduki posisi tinggi dalam separatis pro-Rusia. Mereka mengatakan Anda berada di Rusia saat ini. Hanya satu dari terdakwa yang diwakili oleh seorang pengacara.

Sebuah pesawat ditembak jatuh oleh rudal Buk

Dalam beberapa hari mendatang, bukti yang dikumpulkan selama penyelidikan internasional akan diperiksa selama persidangan. “Berkas ini memiliki panjang sekitar 65.000 halaman dan beberapa ratus jam materi visual dan audio. Ini adalah file yang sangat penting sehingga tidak mungkin untuk masuk ke semua detailnya,” kata Steenhuis. Sampai saat ini, tidak ada yang bahkan bertanggung jawab sebagian atas apa yang terjadi.

Pesawat itu terkena rudal Buk yang ditembakkan dari daerah di timur Ukraina yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia, menurut penyelidikan internasional. Akibatnya, rudal itu dibawa ke Ukraina dari pangkalan militer di Rusia dengan landasan peluncuran bergerak. Rusia membantah terlibat.

READ  Dokter tetap beroperasi meski rumah sakit sedang terbakar

Hakim memperingatkan kerabat agar tidak terpapar

Hakim Steenhuis memperingatkan kerabat para korban bahwa beberapa hari ke depan bisa sulit bagi mereka jika bukti kematian orang yang mereka cintai dibahas. “Jika ini menjadi terlalu berat bagi Anda, Anda bebas meninggalkan ruangan kapan saja,” katanya.

Boeing Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 ditembak jatuh pada 17 Juli 2014 saat dalam perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur atas sengketa Ukraina timur. Semua tahanan dibunuh. Karena sebagian besar korban berasal dari Belanda, persidangan juga digelar di sana.

Written By
More from Lukman Haq

Jumlah tentara Armenia yang tewas di Karabakh telah meningkat menjadi …

Memuat … Jorvan – Kementerian Pertahanan (dari) Nagorno-Karabakh Dia menyebutkan jumlah prajurit...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *