Penemuan Spektakuler: Gua Pemakaman Berusia 3.300 Tahun Ditemukan di Israel

Status: 18/09/2022 21:14

Sebuah ruang pemakaman utuh dari zaman firaun Mesir Ramses II telah ditemukan di pantai Israel selama pekerjaan konstruksi. Di kompleks itu terdapat bejana tanah liat dan tulang manusia. Para arkeolog berbicara tentang penemuan spektakuler.

Gua pemakaman abad ke-13 SM yang utuh. AD ditemukan di pantai Israel. Otoritas Barang Antik Israel (IAA) telah mengumumkan bahwa sebuah ekskavator menemukan kompleks pahatan batu dari zaman firaun Mesir Ramses II selama pekerjaan konstruksi di Kibbutz Palmachim di Laut Mediterania. Di ruang pemakaman, para arkeolog menemukan amphora, lampu minyak, kendi dan mangkuk dari segala jenis, wadah kecil untuk zat berharga, tetapi juga mata panah dan ujung tombak perunggu.

“Ini seperti setting untuk ‘Indiana Jones,’ sebuah gua dengan kapal-kapal di tanah yang belum pernah disentuh selama 3.300 tahun,” kata Eli Yannai, pakar IAA tentang usia perunggu akhir, merujuk pada seri arkeolog Indiana Jones dari film petualangan. .

Menurut Yannai, gua itu dibangun pada masa Firaun Ramses II, yang telah memperluas kerajaannya dari Mesir di sepanjang pantai Mediterania ke Suriah. Tidak diketahui siapa yang menggunakannya, tulis surat kabar Haaretz, mengutip IAA. Oleh karena itu, tempat itu pasti telah berfungsi sebagai tempat pemakaman bagi keluarga atau kelompok selama beberapa generasi. Beberapa mayat dibaringkan di punggung mereka, tubuh lain jelas dipindahkan. Namun, sisa-sisa tidak memungkinkan analisis DNA. Di sisi lain, kami berharap dapat memperoleh informasi dari residu dalam mangkuk dan kendi.

“Temuan yang sangat langka”

Ini setidaknya akan menentukan apa yang orang makan pada saat itu. Memang benar bahwa gua Palmachim tidak dijarah oleh perampok kuburan seperti banyak orang lain di zaman kuno. Namun ternyata pencuri modern berhasil mencuri beberapa barang pameran. Setelah segel ditemukan dan dibuka, IAA memberlakukan larangan media pada hari Jumat. Namun, berita itu beredar di jejaring sosial. Dan ternyata orang yang tidak berkepentingan berhasil masuk ke dalam gua di depan penjaga.

Arkeolog Eli Yannai dari Antiquities Authority berbicara tentang penemuan yang “sangat langka” yang hanya dibuat oleh peneliti “sekali seumur hidup”. Ruang pemakaman, disegel sampai ditemukan, akhirnya bisa memberikan “gambaran lengkap dari upacara pemakaman Zaman Perunggu” di wilayah tersebut.

Written By
More from Lukman Haq
Zelenskyj: Kami akan mengusir penjajah melintasi perbatasan
Diperbarui pada 08/29/2022 23:28 Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tidak ingin puas dengan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.