Pemindaian 3D: setiap pabrik BMW harus memiliki kembaran digital pada tahun 2023

Pada awal 2023, BMW ingin setiap pabrik kendaraan yang dioperasikan di seluruh dunia menjadi sepenuhnya digital sebagai kembaran digital. Dengan bantuan “Digital Twins”, semua proses dan seluruh sistem produksi dapat direncanakan dan disimulasikan 100% secara virtual. Tiga karya telah direkam.

Kembar digital sudah tersedia untuk pabrik di Spartanburg, AS, pabrik utama di Munich dan pabrik di Regensburg. Pada September tahun ini, BMW bermaksud untuk memasukkan pabrik Dingolfing, Leipzig dan Tiexi. Implementasi untuk pabrik di Meksiko, Afrika Selatan, Inggris dan Dadong/China direncanakan pada musim semi 2023.

Tujuan perusahaan adalah untuk merencanakan dan mensimulasikan hampir 100% dari semua proses dan seluruh sistem produksi. “Ini membuka kemungkinan yang sama sekali baru bagi kami untuk menerapkan perencanaan baru yang ekstensif dan transformasi kecil dalam struktur yang ada dengan sangat efisien, tepat, dan fleksibel.“, kata Michele Melchiorre, Kepala Sistem Produksi, Perencanaan, Rekayasa Alat dan Fasilitas untuk Grup BMW.

Robot pemindaian otonom untuk proses pemindaian ulang

Untuk mendigitalkan pabrik, BMW mengandalkan solusi pengambilan realitas dan kembaran digital dari NavVis start-up Munich. Menggunakan pemindai laser 3D, antara lain, gambar panorama fotorealistik, denah lantai, dan awan titik harus dibuat dengan sangat rinci dan mencakup semua struktur, sistem, dan ruang eksterior bangunan.

Sekitar empat juta meter persegi area dalam ruangan dan sembilan juta meter persegi area luar ruangan area pabrik telah dipindai dengan sistem pemindaian seluler genggam dan sistem drone sejak November 2020. Konversi yang lebih kecil dan lebih besar harus dicatat menggunakan proses pemindaian ulang, yang mana BMW mengembangkan robot pemindaian otonomnya sendiri untuk memastikan bahwa data inventaris digital mutakhir dalam jangka panjang tanpa upaya personel tambahan.

READ  Penguapan adalah proses mengubah cairan menjadi gas, cari tahu penyebabnya

Mitra eksternal menerima ekstrak sebagian

Seperti yang dijelaskan BMW, sekitar 15.000 karyawan saat ini menggunakan perangkat lunak berbasis cloud dan browser web, BMW Factory Viewer, yang didasarkan pada NavVis IVION, untuk secara virtual memeriksa pabrik yang ada, titik produksi tertentu melalui Tempat menarik yang tersimpan untuk menemukan atau melakukan pengukuran . Area individu dari pemindaian 3D juga dapat dipotong dan disediakan untuk pemasok eksternal, misalnya, untuk mengurangi waktu dan upaya perencanaan produksi atau menghilangkan kesalahan perencanaan.

BMW menciptakan kembaran digital untuk setiap pabrik (Gambar: BMW)

Pabrik Hungaria direncanakan di Nvidia Omniverse

Untuk struktur produksi yang benar-benar baru di masa depan, BMW Group juga mengandalkan kerja sama dengan Nvidia dan Omniverse-nya. Pabrik pertama yang direncanakan di Omniverse adalah lokasi baru di Debrecen, Hongaria. “Sudah hari ini, sekitar tiga tahun sebelum dimulainya produksi seri, kami dapat secara virtual mensimulasikan proses dasar di pabrik masa depan kami.‘ jelas Melchiore. Omniverse memungkinkan perencana pabrik BMW untuk mengunjungi pabrik secara virtual kapan saja dan dari mana saja, mengembangkan sistem manufaktur bersama di dunia simulasi, melakukan perbandingan praktik terbaik, dan berbagi informasi di jaringan.

Nvidia Omniverse adalah platform kolaboratif di mana dunia digital dapat dibuat dan dihubungkan. Platform ini menggunakan Universal Scene Description (USD) yang awalnya dikembangkan oleh Pixar sebagai “HTML for 3D Rendering” untuk menjaga kompatibilitas antara aplikasi lingkungan 3D profesional, termasuk aplikasi ‘Adobe, Autodesk, Blender, Graphisoft, MathWorks, atau Unreal Engine lainnya. Layanan manajemen Dunia Digital dikelola melalui Inti Omniverse, sementara apa yang disebut konektor harus dipahami sebagai plugin untuk aplikasi klien yang mengunci ke Omniverse.

Written By
More from Hulwi Zafar
BMW menghentikan produksi di pabrik lain
Kurangnya chip semakin memperlambat pembuat mobil BMW. Kini produksi di pabrik Regensburg...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.