Pembicaraan AS-China: diplomat bentrok di depan umum

Pembicaraan AS dengan China
Bentrok diplomat di depan umum

Pertemuan antara perwakilan diplomatik China dan Amerika Serikat tidak menjanjikan diskusi yang harmonis antara orang-orang yang berpikiran sama. Kontak pertama antara Menteri Luar Negeri AS yang baru dan mitranya dari China bahkan lebih bergairah dari yang diharapkan.

Diplomat tingkat tinggi dari pemerintah Amerika Serikat dan China bertemu dengan tuduhan panas dalam pertemuan pertama. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan membuka pembicaraan dengan diplomat China Yang Jiechi dan Penasihat Negara Wang Yi di Anchorage, Alaska pada hari Kamis. Pertarungan sengit terjadi antara perwakilan kedua negara di depan kamera.

“Kami akan membahas keprihatinan mendalam kami tentang tindakan China, termasuk di Xinjiang, Hong Kong dan Taiwan, serta serangan dunia maya terhadap Amerika Serikat dan pemaksaan ekonomi sekutu kami.” Setiap tindakan ini mengancam tatanan berbasis aturan. yang mendukung stabilitas dunia, ‚ÄĚkedipan itu menekankan.

Yang menanggapi dengan pidato 15 menit dalam bahasa China, mengkritik demokrasi Amerika yang gagal, penganiayaan minoritas, dan kebijakan luar negeri dan perdagangannya: “Mereka menyalahgunakan persyaratan keamanan nasional untuk menghambat perdagangan normal, dan beberapa Untuk menghasut negara-negara untuk menyerang China.” AS Penasihat Keamanan Jake Sullivan mengatakan Amerika Serikat tidak mencari konflik dengan China, tetapi akan mempertahankan prinsip-prinsip dan kawan-kawannya. Mengutip keberhasilan pendaratan penjelajah di Mars tahun itu, dia mengatakan janji yang dibuat Amerika Serikat terletak pada kemampuannya untuk terus-menerus mengubah dirinya.

AS menuduh China melanggar protokol

Pidato pembukaan kepada wartawan, yang biasanya hanya berlangsung beberapa menit, berdurasi lebih dari satu jam. Kedua delegasi berdebat tentang kapan media harus dikeluarkan dari ruangan. Seorang pejabat pemerintah AS mengatakan kepada wartawan bahwa China telah “melanggar” protokol yang disepakati, yang membutuhkan pernyataan pembukaan dua menit dari masing-masing pemain utama.

Sebelum menjabat, Presiden Joe Biden diserang oleh Partai Republik yang khawatir pemerintahannya terlalu lunak terhadap China. Namun, menjelang pembicaraan Anchorage, Amerika Serikat mengambil sejumlah langkah melawan China. Ini termasuk pencabutan izin telekomunikasi Cina dan panggilan dari beberapa perusahaan teknologi informasi Cina atas dasar keamanan nasional. Selain itu, sanksi terhadap China atas pembongkaran demokrasi di Hong Kong telah diperbarui. Pembicaraan antara Amerika Serikat dan China diperkirakan akan berlanjut pada hari Jumat.

READ  Boris Johnson adalah kepala sekolah di KTT G7
Written By
More from Lukman Haq

Prancis bergulat dengan banjir parah

Banjir dan banjir besar telah mendatangkan malapetaka di Prancis selama berhari-hari. Tetapi...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *