Pelopor gerakan teknologi tinggi: arsitek bintang Richard Rogers telah meninggal

Status: 19.12.2021 09:04

“Pusat Pompidou” di Paris membawa Richard Rogers dan gaya khasnya ke dunia pada tahun 1970. Pemenang Hadiah Pritzker meninggal pada Sabtu malam dalam usia 88 tahun.

Arsitek terkenal Inggris Richard Rogers telah meninggal dunia. Seperti dilansir beberapa media, sang arsitek meninggal Sabtu malam di usia 88 tahun. Putranya Roo Rogers mengkonfirmasi kematiannya di The New York Times. Penyebab kematian tidak diketahui. Dia meninggalkan istri dan empat putranya.

Rogers dianggap sebagai salah satu arsitek paling sukses dan berpengaruh di dunia. Ia lahir pada 23 Juli 1933 di sebuah keluarga Anglo-Italia di kota Florence, Italia. Keluarganya pindah ke Inggris tepat sebelum pecahnya Perang Dunia II.

Terkenal dengan gaya khasnya di tahun 1970-an

Ia menjadi terkenal karena desainnya yang khas: misalnya untuk pusat budaya berbentuk tabung “Center Pompidou”, yang ia rancang dengan Renzo Piano pada 1970-an – atau pembangunan “Kubah Milenium” besar di London, yang tampak melayang seperti pesawat luar angkasa alien. . Dia juga bertanggung jawab atas gedung perkantoran di Potsdamer Platz di Berlin dan gedung Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa di Strasbourg. Sesaat sebelum ulang tahunnya yang ke-85, ia menyelesaikan pembangunan “Three World Trade Center” – gedung pencakar langit 80 lantai di lokasi Menara Kembar di New York City.

“Pusat Pompidou” di Paris membuat Richard Rogers terkenal.

Gambar: AFP

Dia juga bertanggung jawab atas “Three World Trade Centers” di New York.

Gambar: dpa

Knight – dan Hadiah Pritzker

Pada tahun 1991, ia dianugerahi gelar kebangsawanan. Dan pada tahun 2007, ia menerima Pritzker Prize, penghargaan tertinggi dalam arsitektur. Juri memuji “interpretasi uniknya tentang ketertarikan gerakan modern dengan bangunan sebagai mesin”. Dia merevolusi museum dengan mengubah apa yang dulunya merupakan monumen elit menjadi tempat populer pertukaran sosial dan budaya yang terjalin di jantung kota. Rogers adalah salah satu pelopor arsitektur berteknologi tinggi, yang dicirikan oleh struktur kaca dan baja serta perpipaan yang terbuka.

READ  Jepang: Partai LDP yang berkuasa ingin perempuan menonton pertemuan besar

Tetapi dia juga memiliki kritik: Menurut BBC, mereka juga termasuk Pangeran Charles, yang telah menyatakan ketidaksukaannya pada desainnya pada beberapa kesempatan.

Written By
More from Lukman Haq
Rover Zhurong mendarat di Mars
VShina mendarat di Mars untuk pertama kalinya. Modul pendaratan pesawat ruang angkasa...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *