“Para penulis tidak bisa berhenti membual”

Ratusan ribu tewas dalam hitungan bulan: Pembunuhan massal di Indonesia adalah salah satu kejahatan terbesar dalam sejarah manusia. Penulis masih dirayakan sampai sekarang.

“Genosida di Indonesia istimewa karena tidak terjadi dalam konteks perang. Dan karena pelakunya menang.” Sutradara Joshua Oppenheimer mau tidak mau harus menggelengkan kepalanya. Hingga tiga juta orang tewas pada 1965 dan 1966 ketika militer Indonesia melacak tersangka Komunis dan warga keturunan Tionghoa. Mereka yang bertanggung jawab masih belum dihakimi.

Joshua Oppenheimer telah memproduksi dua film pemenang penghargaan tentang kekejaman di Indonesia. Dalam “The Act of Killing” dan “The Look of Silence”, dia menyoroti sudut pandang pelaku dan korban. Saat orang-orang yang selamat dan kerabat korban dibungkam, “para pelakunya tidak bisa berhenti membual.” Dalam wawancara dengan t-online.de, Oppenheimer berbicara secara rinci tentang pengalamannya di negara di mana pelakunya terus hidup dengan tenang selama beberapa dekade setelah genosida.

Jerman tahu tentang kekejaman

Dokumen yang secara eksklusif tersedia di t-online.de menunjukkan bahwa Jerman ingin memberikan uang kepada para komplotan kudeta pada tahun 1965 untuk mengalahkan musuh Komunis selama Perang Dingin – ketika pembantaian sudah diketahui. Pelajari lebih lanjut tentang itu sini.

Anda bisa melihat apa yang dilaporkan sutradara Joshua Oppenheimer tentang pertemuan dengan para pelaku dan korban genosida di Indonesia, serta rekaman sejarah dalam video di atas. Anda juga dapat menemukan pesannya sini.

READ  Tanda Zodiak Taurus, Gemini dan Aris Saat Ini, 10 November 2020 - Lihat prediksi cinta Anda atas uang Anda.
Written By
More from Mujahid Jaffer

Jessel mengatakan saya menghapus data ponsel tetapi apakah itu terkait dengan video yang luar biasa lagi?

Jakarta – Kasus video yang menarik juga sama Gisella Anastasia Julukan tersebut...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *