Orban mengancam akan meninggalkan Fidesz

kembaliPerdana Menteri Hongaria Viktor Orbán mengancam akan mengundurkan diri anggota parlemen dari partai Fidesz dari kelompok parlemen Partai Rakyat Eropa (PPE) di Parlemen Eropa. Langkah ini pasti akan terjadi jika Grup EPP menyetujui amandemen aturan prosedur, seperti yang diusulkan oleh para pemimpin grup Jumat lalu. Orbán menulis ini dalam sebuah surat kepada pemimpin kelompok parlemen EPP Manfred Weber (CSU), yang diposting oleh Wakil Presiden Fidesz Katalin Novak di Twitter pada hari Minggu.

Orbán juga presiden dari partai nasional sayap kanan Fidesz. Amandemen yang diusulkan terhadap aturan prosedur dimaksudkan agar seluruh kelompok ditangguhkan atau dikeluarkan dari kelompok. Dalam kondisi tertentu, ini hanya membutuhkan mayoritas lebih dari 50% suara.

Keluarga partai EVP konservatif, yang juga termasuk CDU dan CSU, telah berjuang dengan partai anggota Hongaria selama bertahun-tahun. Keanggotaan Fidesz di EPP ditangguhkan pada 2019 – antara lain karena dugaan pelanggaran nilai inti UE dan serangan verbal terhadap ketua Komisi Eropa saat itu Jean-Claude Juncker. Untuk grup Parlemen Eropa Deputi Fidesz sejauh ini.

Ini bisa berubah karena modifikasi yang diusulkan dari aturan prosedur. Kelompok itu akan memberikan suara pada amandemen Rabu depan. Penangguhan bisa berlangsung dalam beberapa minggu mendatang – jika keluar dari grup Fidesz tidak mendahuluinya.

READ  Turki melatih angkatan laut Libya
Written By
More from Lukman Haq

Banjir di Australia: “Pepohonan penuh dengan ular”

Seperti dilansir penyiar CNN AS, antara lain, Ada banyak laporan tentang laba-laba...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *