Orang Jerman mengambil uang mereka dari brankas – ekonomi

Karena ECB telah menghapus bunga negatif, orang-orang menarik uang kertas dari persembunyiannya dan membawanya kembali ke bank. Lembaga keuangan juga mengosongkan brankas mereka. Uang tunai yang beredar berkurang dengan cepat.

Seharusnya bukan kebetulan bahwa istilah “Strafzin” begitu umum di Jerman. Bank secara finansial menghukum pelanggan karena menyetor sejumlah besar uang ke dalam rekening. Kebijakan suku bunga nol dan negatif dari Bank Sentral Eropa harus disalahkan atas kekacauan tersebut. Tetapi penabung yang cerdik tahu apa yang harus dilakukan: dia mengeluarkan uang tunai dan menyembunyikan tagihan di brankas di rumah.

Kesengsaraan telah berakhir sejak ECB menghapus suku bunga negatif pada Juli. Orang-orang sekarang menarik keluar tagihan tersembunyi dan membawanya kembali ke bank. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kebetulan, banyak bank yang difitnah melakukan hal yang sama. Mereka mengosongkan brankas mereka dan menyerahkan uang kertas ke ECB. “Selama 30 hari terakhir, nilai uang kertas euro yang beredar telah turun sekitar 1%,” kata juru bicara ECB, Selasa. “Ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa bank terutama mengembalikan uang kertas €500 dan €200 dari brankas ke rekening bank sentral mereka.” Analis Peter Barkow menarik perhatian pada pembalikan tren selama akhir pekan. Menurut perhitungannya, uang tunai yang beredar di Jerman telah turun 14 miliar euro sejak kenaikan suku bunga ECB.

Kesimpulan: Dengan diperkenalkannya suku bunga negatif oleh ECB, bank telah menempatkan lebih banyak dan lebih banyak uang tunai di pundi-pundi mereka untuk menghindari beban keuangan – seperti beberapa warga negara. “Selama fase bunga negatif antara 2014 dan 2022, jumlahnya meningkat dari 15 menjadi 52 miliar euro di Jerman, dan di zona euro dari 50 menjadi sekitar 100 miliar euro secara total”, kata direktur jenderal Barkow Consulting. Uang itu layak diambil: “Itu memungkinkan lembaga kredit untuk menghemat bunga negatif.”

READ  Sedikitnya sepuluh orang tewas pasca longsor di Indonesia

Uang itu sekarang dikembalikan dan uang tunai yang beredar berkurang. Cara kerjanya seperti ini: bank menyediakan likuiditas bagi rumah tangga, perusahaan, dan perusahaan asuransi swasta yang mereka peroleh dari bank sentral. “Jika pelanggan menyetor uang tunai ke rekening mereka, uang beredar tetap konstan. Uang beredar hanya berkurang ketika bank mengembalikan uang itu ke bank sentral,” jelas Barkow. Mereka melakukannya sekarang, dengan kecepatan yang sangat tinggi. Uang tunai yang beredar tidak menurun secepat hari ini sejak pergantian milenium.

Setelah pertemuan terakhirnya, ECB mengumumkan kenaikan suku bunga lebih lanjut. Penabung kembali menerima pendapatan bunga, tetapi ini tidak dapat mengimbangi inflasi yang tinggi. Kebijakan moneter eksperimental akan segera berakhir untuk serikat moneter. Dengan diperkenalkannya suku bunga negatif, ECB membuat terobosan baru dalam kebijakan moneter pada tahun 2014. Bank sentral ingin memperkuat ekonomi, yang berhasil dilakukan. Tapi dia membuat marah banyak orang, terutama di Jerman. Anda dapat melihat bahwa sekarang dalam reaksi warga negara ini: total 16 miliar euro telah dikembalikan ke ECB dalam serikat moneter, 14 miliar dari Jerman saja. Analis Barkow mengatakan: “Penurunan uang tunai yang beredar selama tiga minggu terakhir hampir secara eksklusif merupakan fenomena Jerman.”

Written By
More from Hulwi Zafar
Drone: DJI menerima sertifikasi C1 pertama – untuk seri “Mavic 3”
Di masa lalu, siapa pun yang ingin membeli drone menemukan diri mereka...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.