NATO “mulai alarm” di Lituania: Pesawat Rusia mengganggu kunjungan pasukan

“Alarm mulai” oleh NATO di Lituania
Jet Rusia mengganggu kunjungan pasukan

Selama konferensi pers oleh Perdana Menteri Spanyol Sánchez dan Presiden Lituania Nauseda di bandara militer Lituania, jet tempur Rusia tiba-tiba muncul di langit. Dalam beberapa menit, jet NATO lepas landas untuk mencegat rudal.

Alarm atas dua pesawat militer Rusia mengganggu pertemuan antara Presiden Lituania Gitanas Nauseda dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez. Dalam waktu singkat, kedua politisi harus mengosongkan kursi mereka di depan jet tempur di bandara militer Lituania di Siauliai, yang oleh pilot dan teknisi bergegas menuju, seperti yang dapat dilihat dalam video yang dirilis oleh kantor kepresidenan Lituania. “Kami memiliki sinyal peringatan,” dapat terdengar di latar belakang sebelum konferensi pers terputus.

Menurut juru bicara militer Lithuania, dua jet Sukhoi SU-24 Rusia beredar di wilayah udara internasional di atas Laut Baltik tanpa identifikasi elektronik. Kedua pilot Rusia itu tidak mengajukan rencana penerbangan atau melakukan kontak radio dengan kontrol lalu lintas udara, kata juru bicara itu.

Inilah sebabnya mengapa pesawat tempur beralih ke manuver intersepsi untuk memvisualisasikan dan mengidentifikasi perangkat. “Anda lihat, semuanya bekerja dengan baik. Saya dapat memastikan bahwa pencegat lepas landas dalam waktu kurang dari 15 menit,” kata Nauseda, menurut radio Lithuania, setelah dimulainya kembali konferensi pers, yang telah terputus selama hampir ‘setengah jam. . “Kami sekarang telah memverifikasi operasi pengawasan udara kami. “Ini adalah kasus nyata yang menunjukkan pentingnya kehadiran kami di sini,” kata Sánchez.

Menurut laporan Lithuania, tujuh Eurofighter dan 130 tentara Spanyol saat ini dikerahkan di Siauliai untuk memantau wilayah udara di atas negara-negara Baltik. Estonia, Latvia, dan Lithuania tidak memiliki angkatan udara sendiri. Untuk itu, NATO telah mengamankan pangkalan militer Inmari (Estonia) dan Siauliai (Lithuania) dari wilayah udara Baltik sejak 2004. Untuk itu, Sekutu secara rutin memindahkan jet tempur dan tentara ke republik-republik Baltik yang berbatasan dengan Rusia. Jika pesawat Rusia mendekati perbatasan negara-negara Baltik tanpa mengidentifikasi diri mereka sendiri, NATO memberikan perintah untuk memicu kerusuhan alarm.

Ini terdiri dari dua jet tempur bersenjata yang harus berada di udara dalam waktu 15 menit – ini adalah persyaratan NATO untuk membunyikan alarm “Alpha Scramble”. Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan bahwa pesawat tempur anti-pesawat telah secara legal melakukan latihan di atas perairan netral Laut Baltik. Kementerian mengatakan kepada Moskow bahwa tidak ada perbatasan yang dilanggar.

READ  Donald Trump: Partai Republik di Senat AS ingin menunda proses impeachment
Written By
More from Lukman Haq

Pria yang dibunuh oleh pihak eksekutif telah dibebaskan setelah disekap selama hampir 50 tahun

Tokyo, Kompas.com – Mahkamah Agung Jepang Pemain berusia 84 tahun itu telah...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *