Mosi tidak percaya yang berhasil: penggulingan pemerintah Bulgaria

Kepada: 22/06/2022 19:09

Setelah hanya enam bulan, pemerintah di Sofia dicopot dari jabatannya oleh parlemen. Ada perselisihan terutama mengenai keuangan negara dan hubungan dengan negara tetangga Makedonia Utara.

Di Bulgaria, pemerintah sosial-liberal digulingkan dengan mosi tidak percaya. Sebagian kecil dari 123 anggota parlemen di Sofia menarik kepercayaan Perdana Menteri Kiril Petkov. Setidaknya dibutuhkan 121 suara. 116 deputi memberikan suara mendukung Petkov.

Pencalonan itu diajukan oleh faksi oposisi terbesar, GERB, yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Boyko Borissow yang konservatif. Dia menuduh pemerintah Petkov gagal “di bidang keuangan publik dan kebijakan ekonomi”.

Pemerintah akan jatuh

Pemerintah yang baru saja digulingkan dianggap pro-Barat dan baru dibentuk enam bulan lalu. Mantan pengusaha Petkow memulai dengan janji untuk memerangi korupsi.

Koalisi pemerintahannya runtuh pada awal Juni ketika partai populis ITN membubarkannya karena masalah anggaran dan hubungan dengan negara tetangga Makedonia Utara. Sejak itu, Petkov tidak memiliki mayoritas sendiri di parlemen.

Sengketa Makedonia Utara

Dia baru-baru ini mencoba untuk membawa Bulgaria dan Makedonia Utara, yang sendiri ingin menjadi anggota UE, lebih dekat. yang kontroversial di Bulgaria.

Mosi tidak percaya adalah yang pertama berhasil dalam sejarah negara itu. Presiden Rumen Radev sekarang dapat meminta pihak lain untuk membentuk pemerintahan tiga kali. Jika gagal, ada pemilihan baru. Ini akan menjadi pemilu keempat di Bulgaria sejak tahun lalu.

Written By
More from Lukman Haq
Anjing Joe Biden: ‘Major’ dan ‘Champ’ pindah ke Gedung Putih lagi
Dua anjing gembala presiden Amerika Joe biden kembali ke Gedung Putih. Ini...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.