Monkeypox: WHO beri lampu hijau untuk festival musim panas | hidup & pengetahuan

Meningkatnya jumlah orang yang terinfeksi cacar monyet di Eropa mengaburkan rencana musim panas banyak orang. Mereka tidak stabil – terutama ketika datang ke pertunjukan musim panas.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekarang memberi lampu hijau: menentang penghentian festival, tetapi pada saat yang sama menyerukan kehati-hatian.

Acara massal seperti festival dapat menyediakan “lingkungan yang kondusif” untuk penularan virus, kata pakar WHO Amaia Artazcoz pada hari Jumat. Meski demikian, WHO tidak merekomendasikan untuk membatalkan atau menunda festival dan konser.

Sebaliknya, WHO telah mendesak penyelenggara festival untuk secara aktif mendidik pengunjung tentang risiko tertular cacar monyet. Dengan cara ini, infeksi dapat dikenali dengan cepat, penularan lebih lanjut dapat dicegah dan orang yang berisiko terinfeksi terlindungi.

“Jika kita tidak melakukan apa-apa, kita berisiko mengalami lonjakan kasus cacar monyet pada musim panas ini,” kata pejabat WHO Sarah Tyler memperingatkan.

Selama bulan-bulan musim panas mendatang, lebih dari 800 festival direncanakan di seluruh Eropa, menyatukan ratusan ribu pengunjung dari banyak negara, kata Tyler. Sebagian besar peserta “sangat mobile dan aktif secara seksual, dan beberapa akan melakukan kontak kulit-ke-kulit yang intim di atau di dekat acara-acara ini.”

Sejak Mei, cacar monyet juga telah menyebar ke negara-negara di luar Afrika Barat dan Tengah, khususnya di Eropa Barat. Menurut WHO, lebih dari 3.200 kasus telah dilaporkan di 48 negara sepanjang tahun ini.

Gejala khas penyakit ini termasuk demam tinggi, pembengkakan kelenjar getah bening, dan pustula seperti cacar air. Penyakit ini ditularkan melalui kontak dekat dengan tubuh dan kulit.

Written By
More from Lukman Haq
Yunani: Peringatan minggu gelombang panas – kebakaran hutan dan kematian dikhawatirkan
Kondisi cuaca ekstrem di sebagian besar Eropa: Sementara barat laut benua masih...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.