Meteorit membawa elemen dasar kehidupan di bumi

Lintasan yang direkonstruksi

Robert Clatt

  • Dari Meteorit Winchcombe menjadi 2021 ditemukan segera setelah tumbukan dan karena itu menjadi hampir tidak dimodifikasi oleh atmosfer bumi
  • Analisis meteorit sekarang menunjukkan hal itu air asing dan Asam amino, unsur dasar kehidupan di bumi yang menyusun DNAditurunkan ke bumi

Ditemukan di Inggris selatan pada tahun 2021, meteorit Winchcombe membawa air dan asam amino ekstraterestrial, bahan penyusun dasar kehidupan, dari luar angkasa ke Bumi.


London, Inggris). Pada malam tanggal 1 Maret 2021, sebuah air terjun jatuh di kota Winchcombe di barat daya Inggris. meteorit hancur. Seperti Ashley King berkencan Museum Sejarah Alam menjelaskan, meteorit Winchcombe sangat penting untuk Sainskarena fragmennya dapat ditemukan dengan cepat.


“Fakta bahwa itu jatuh pada malam yang sangat cerah dan di area yang dicakup oleh banyak kamera memungkinkan kami untuk menemukannya dengan cepat. Juga pada minggu yang kering sehingga dapat disingkirkan dengan cepat tanpa terlalu terpengaruh oleh atmosfer bumi.

Satu sekarang di majalah perdagangan Ilmuwan maju analisis yang diterbitkan menunjukkan meteorit Winchcombe menjadi makhluk luar angkasa air dan molekul organik dari ruang angkasa pada Bumi membawa.


Hasil serupa untuk meteorit sebelumnya

Dengan menganalisis meteorit masa lalu, para ilmuwan juga menemukan molekul organik dan air. Namun, dalam kasus ini, tidak jelas apakah ini benar-benar berasal dari luar angkasa atau apakah meteorit tersebut terkontaminasi di atmosfer Bumi atau di Bumi. Karena meteorit Winchcombe hampir murni dan ditemukan tak lama setelah tumbukan, para ilmuwan di Museum Sejarah Alam yakin bahwa air dan molekul organik tidak berasal dari Bumi.

Sejarah dan lintasan meteorit Winchcombe

Karena meteorit itu diamati oleh banyak kamera sebelum jatuh, para peneliti dapat menentukan lintasan dan sejarahnya. Oleh karena itu, meteorit Winchcombe adalah bagian dari asteroid yang jauh lebih besar selama jutaan tahun, yang terletak di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Ini hancur dalam tabrakan kurang dari 300.000 tahun yang lalu, di mana meteorit Winchcombe sekitar 30 kg terbentuk.


Tabrakan itu mengirim meteorit Winchcombe ke orbit rendah Bumi. Kemudian bertabrakan dengan bumi dengan kecepatan yang tidak biasa untuk kondisi astronomi. Sebelum tumbukan, ia bergerak dengan kecepatan 13,5 km/detik pada kecepatan 13,5 km/detik. Ini adalah kecepatan terendah yang telah ditentukan untuk sebuah meteorit sejauh ini.

Komposisi air dan molekul organik

Analisis struktur isotop air dari meteorit Winchcombe menunjukkan bahwa ia sangat mirip dengan air di Bumi. Para peneliti juga menemukan asam amino, bahan dasar kehidupan di Bumi yang membentuk DNA. Menurut penulis, meteorit itu mendukung teori bahwa asteroid berkarbon membawa asam amino ke bumi dan karena itu penting bagi munculnya kehidupan.

Kemajuan Sains, doi: 10.1126/sciadv.abq3925

READ  Gunung berapi Indonesia Merapi pernah meletus beberapa kali
Written By
More from Munir Rad
Lagu baru BTS ‘Dynamite’ dipuji oleh para kritikus sebagai ‘upbeat’: Review roundup
Lagu terbaru BTS “Dynamite” meledak dengan cara terbaik. Grup K-pop, terdiri dari...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.