Mesir: Sphinx Alley dibuka kembali di Luxor

Status: 25.11.2021 21:04

Sphinx-Allee yang bersejarah diresmikan dengan upacara di Mesir. Jalur prosesi lama, yang dibangun sekitar 3.400 tahun yang lalu, telah direnovasi secara ekstensif. Ratusan patung bersejarah kini berjajar di sepanjang jalan.

Sebuah jalan raya antara kuil Karnak dan Luxor di Mesir telah dibuka kembali dengan upacara khidmat. Sphinx-Allée yang telah direnovasi, yang berasal dari sekitar 3400 tahun yang lalu, dimaksudkan untuk memamerkan harta arkeologi negara dan dengan demikian merangsang pariwisata.

The Avenue of the Sphinx, juga dikenal sebagai Path of the Ram atau Path of the Gods, menghubungkan kuil terkenal Karnak dan Luxor dengan Thebes, ibu kota kuno Mesir kuno. Diyakini bahwa para peziarah menggunakan rute tersebut untuk mengunjungi kuil dan menyembah dewa mereka. Jalan dipenuhi patung domba jantan dan sphinx dan membentang beberapa kilometer ke Luxor. Dengan proyek ini, Luxor akan menjadi museum terbuka terbesar di dunia, menurut Kementerian Pariwisata Mesir.

Jalan itu, yang dibatasi di kedua sisinya oleh sekitar 1350 sphinx berkepala manusia, setiap tahun berfungsi sebagai jalur prosesi di Mesir kuno untuk pesta Opet.

Gambar: EPA

Penggalian berlangsung lebih dari 50 tahun

Rute prosesi ditemukan pada tahun 1949. Dalam dekade-dekade berikutnya, semakin banyak sisa-sisa yang ditemukan. Rekonstruksi dimulai pada tahun 2005, tetapi sejak itu terhenti karena situasi politik dan kekurangan uang.

Mohamed Abd el-Badei, seorang pejabat senior di bidang arkeologi Mesir, mengatakan reruntuhan tertua di sepanjang jalan itu adalah enam bangunan yang dibangun oleh Ratu Hatshepsut, satu-satunya firaun perempuan Mesir, dan bertanggal 1400 av. Menurut hieroglif di dinding salah satu kuil, sebuah festival yang disebut “Opet” dirayakan di sana dengan prosesi dan penari untuk merayakan kekayaan yang dibawa oleh banjir tahunan Sungai Nil ke ladang. Menurut catatan, armada perahu suci juga mengunjungi kuil.

Acara tersebut merupakan upacara glamor kedua dari jenisnya tahun ini. Pada bulan April, pemerintah mengadakan prosesi untuk merayakan pemindahan beberapa mumi terkenal dari Museum Mesir di pusat kota Kairo ke museum yang baru dibangun di selatan ibukota Mesir.

Written By
More from Lukman Haq
Pemilu baru dihindari: parlemen Israel menyetujui anggaran
Status: 04.11.2021 07.52 Untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, parlemen Israel kembali...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *