‘Menjijikkan’: Para pemimpin Skotlandia melawan klaim Truss

Dia ingin menjadi penerus Johnson dan sekarang memprovokasi dengan benar: Liz Truss. Skotlandia terkejut.

Para pemimpin Skotlandia menyebut pernyataan yang meremehkan Menteri Luar Negeri Inggris dan Perdana Menteri Liz Truss tentang Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon “menjijikkan”. Wakil Sturgeon John Swinney menyebut komentar Truss “sama sekali dan sama sekali tidak dapat diterima”. Orang-orang Skotlandia “benar-benar terkejut dengan pernyataan menjijikkan Truss”, katanya kepada BBC, Selasa.

“Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengabaikan Nicola Sturgeon,” kata Truss Senin malam di acara kampanye Partai Konservatif di barat daya Inggris. Truss menuduh Menteri Pertama Skotlandia “menarik” dengan seruannya untuk kemerdekaan Skotlandia.

“Sturgeon memiliki legitimasi yang jauh lebih demokratis”

Swinney berkata, “Nicola Sturgeon memiliki lebih banyak legitimasi demokratis daripada Liz Truss jika dia menjadi perdana menteri.” Dia mengacu pada fakta bahwa hanya sebagian kecil dari pemilih, yaitu sekitar 200.000 anggota Partai Konservatif, yang diizinkan untuk memutuskan kepemimpinan baru Partai Konservatif dan oleh karena itu jabatan Perdana Menteri.

Partai Nasional Skotlandia (SNP) pimpinan Sturgeon mendorong referendum kedua tentang kemerdekaan Skotlandia pada Oktober 2023. Ketika ditanya apakah dia akan menggulingkan oposisi mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Truss menjawab, “Tidak, tidak, tidak.”

Mahkamah Agung Inggris akan mengadakan sidang pada 11-12 Oktober untuk menentukan apakah referendum kedua akan sah tanpa persetujuan pemerintah di London.

READ  Hari: "Hadiah Natal yang kejam untuk orang miskin" di India
Written By
More from Lukman Haq
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.